1.000 Kamar Hotel untuk Buyer TEI 2016
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

1.000 Kamar Hotel untuk Buyer TEI 2016

Pemerintah full support event Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 tahun 2016, 12-16 Oktober2016. Tak tanggung-tanggung, 1.000 kamar disiapkan bagi para pengusaha dari 73 negara yang berpotensi melakukan transaksi bisnis.

Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag menyatakan, para pengusaha dari 73 negara yang direkomendasikan KBRI dan KJRI bakal mendapatkan penginapan gratis selama tiga hari dan dua malam di lima hotel official partner Kemendag.

“Kehadiran buyer merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam penyelenggaraan pameran dagang bertaraf internasional ini. Mereka akan diberikan fasilitas akomodasi dan transportasi. Ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah mendorong kehadiran buyer,” ujar Arlinda.

Para buyer akan diverifikasi untuk memastikan potensi mereka dalam melakukan kerja sama bisnis dengan eksibitor TEI 2016. Fasilitasi akomodasi ini berlaku selama 11-13 Oktober 2016.

Selain akomodasi, panitia penyelenggara dari Kemendag juga akan menjemput buyer saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di samping itu, juga disediakan free shuttle bus pulang-pergi dari masing-masing hotel ke JIExpo Kemayoran, selama dua hari pertama penyelenggaraan TEI.

“Keberadaan shuttle bus ini sangat menguntungkan buyer, mengingat TEI akan menempati area pameran seluas 50.000 m2. Dengan menaiki shuttle bus, buyer akan diantar langsung ke lobi utama JIExpo, sehingga lebih mudah dan lebih dekat menuju sejumlah hall tempat produk yang diminati berada,” tutur Arlinda.

Primaduta Award
Kemendag juga mengapresiasi peranan dan partisipasi buyer melalui penganugerahan Primaduta Awards. Buyer yang berhak mendapatkan penghargaan.

Mereka telah memenuhi kriteria telah mengimpor selama lima tahun, nilai dan volume impor terus tumbuh, jenis produk yang diimpor makin bervariasi, dan inspiratif karena turut membangun citra produk Indonesia.

Jumlah buyer yang direkomendasikan mendapatkan Primaduta Awards tahun ini lebih besar dibandingkan pada penyelenggaraan tahun lalu.

Tahun ini, Primaduta Award 2016 diberikan kepada 60 buyers terpilih hasil seleksi 261 buyer dari 38 negara sahabat. Tahun lali tercatat sebanyak 210 buyer dari 30 negara.

“Peningkatan jumlah buyer memperlihatkan adanya peningkatan minat buyer terhadap produk-produk Indonesia maupun terhadap penghargaan bergengsi ini,” tambah Arlinda.

Primaduta Award diberikan kepada buyer yang telah mendapatkan verifikasi dari perwakilan RI di luar negeri, yaitu Atase Perdagangan, pejabat Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC), ataupun Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI).

Sebagaimana pada penyelenggaraan TEI sebelumnya, Primaduta Award tahun ini juga akan diserahkan saat pembukaan TEI pada 12 Oktober 2016, bersamaan dengan penyerahan Primaniyarta Award kepada 30 eksportir terbaik di Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo direncanakan menyerahkan langsung kedua penghargaan tersebut kepada para eksportir dan buyer terpilih. (sak)