10 Destinasi Solo Wajib Dikunjungi (2)
JALAN-JALAN PERISTIWA

10 Destinasi Solo Wajib Dikunjungi (2)

Tidak terlalu repot bagi orang Solo untuk pergi jalan-jalan ke mana saja di saat libur Lebaran tiba. Selain banyak destinasi menarik, juga banyak event berkelas di Solo.

Mana saja yang perlu dilihat? Inilah lanjutan 10 destinasi yang ingin menikmati Solo.

6. Tugu Lilin
Ini bukan tempat yang wajib dikunjungi, ini hanya tugu kecil yang perlu dimengerti. Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala, Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan. Dengan bentuknya yang unik, Tugu Lilin yang berlokasi di Jln Dr Wahidin Sudirohusodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik yang ada di Solo.

7. Taman Sriwedari
Taman Sriwedari adalah taman di Kecamatan Lawiyan yang indentik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang Taman Sriwedari adalah tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.

8. Kampoeng Batik Kauman
Kampoeng Batik Kauman adalah satu tempat wisata di Solo dalam kategori wisata belanja. Kampoeng Batik Kauman merupakan pusat kerajinan batik yang berlokasi dekat dengan Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo. Produk batik di Kampoeng Batik Kauman rata-rata mempunyai warna gelap dengan motif modern. Produk batik Kampoeng Batik Kauman sudah terkenal di dunia, banyak orang luar negeri yang berlangganan membeli batik di Kampoeng Batik Kauman. Harga batik di Kampoeng Batik Kauman dapat mencapai jutaan rupiah.

9. Pasar Klewer
Pasar Klewer adalah pusat tekstil dan sandang terbesar di Solo dengan lebih dari 2.000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Berlokasi di sebelah alun-alun Solo, di samping keraton. Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik di Pasar Klewer, mulai batik dalam negeri, hingga batik luar negeri. Seiring berjalannya waktu, sebagian pedagang di Pasar Klewer juga mulai menjual pakaian selain batik, misalnya seragam sekolah, dasi, jaket, kaos, dan juga jasa jahit sesuai permintaan pelanggan.

Pasar Klewer adalah pusat tekstil dan sandang di kota Solo. Di sekitar Pasar Klewer juga dapat ditemukan sejumlah penjual makanan khas Solo. Tak ayal, area Pasar Klewer juga merupakan tempat wisata kuliner di Solo yang patut Anda datangi.

10. Museum Manusia Purba Sangiran
Sebuah museum unik yang mempunyai koleksi fosil manusia purba. Fosil ini ada yang berumur lebih dari 2 juta tahun, hingga yang berumur 200,000 tahun. Dengan lebih dari 13.000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Selain itu, Museum Manusia Purba Sangiran juga mempunyai koleksi lain berupa fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.

Sangiran adalah situs arkeologi di Jawa, Indonesia. Menurut laporan UNESCO (1995), Sangiran diakui para ilmuwan menjadi salah satu situs yang paling penting di dunia untuk mempelajari fosil manusia, disejajarkan bersama situs Zhoukoudian (Cina), Willandra Lakes (Australia), Olduvai Gorge (Tanzania), dan Sterkfontein (Afrika Selatan), dan lebih baik dalam penemuan daripada yang lain. (sak-habis)