100 Paskibraka Surabaya Siap Bertugas
PEMERINTAHAN PERISTIWA

100 Paskibraka Surabaya Siap Bertugas

Sebanyak 100 pelajar pilihan yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Surabaya tahun 2016 siap menjalankan tugasnya di hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang.

Sebelum menjalankan tugas, 100 paskibraka tersebut dikukuhkan Walikota Surabaya Tri Rismaharini di lantai VI Graha Sawunggaling, Kantor Pemerintah Kota Surabaya, Senin (15/8) pagi.

Seusai pengukuhan yang berlangsung khidmat, Walikota Surabaya yang didampingi Kepala Bakesbangpol dan Linmas Kota Surabaya, Soemarno, memberikan wejangan guna menggugah semangat anak-anak pilihan yang berasal dari 58 Sekolah Menengah Atas dan sederajat se-Surabaya ini.

“Paskibraka bukan sekadar simbol kibarkan bendera Merah Putih. Ini tugas kebangsaan yang luar biasa. Kalian semua adalah wakil dari ratusan ribu anak surabaya yang mendapat mandat dari warga Surabaya. Tolong jaga dengan baik mandat tersebut saat 17 Agustus nanti mengibarkan sang saka Merah Putih di depan ribuan warga surabaya,” tegas Walikota.

Setelah kalian mengibarkan bendera Merah Putih, ujar walikota, maka saat itu kalian semua adalah wakil dan duta dari seluruh warga surabaya terlebih bangsa indonesia. Karena itu kalian harus menjaga integritas dan nama baik bangsa sampai meninggalkan dunia ini.

Seratus Paskibraka yang terdiri dari 50 pria dan 50 wanita dan berasal dari 58 Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Madrasah Aliyah di Kota Surabaya tersebut telah mengikuti pelatihan yang diberikan selama 14 hari mulai 3 – 14 Agustus.

Walikota perempuan pertama di Surabaya ini juga mengingatkan, semua pelatihan dan juga pembekalan mental yang diberikan kepada anggota Paskibraka selama pelatihan, hendaknya bisa membuat mereka menjadi role model bagi teman-teman, juga keluarganya dalam hal kedisplinan dan juga kesetiakawanan.

Sementara Kepala Bakesbang Linmas Kota Surabaya, Soemarno menambahkan, bahwa pihaknya akan terus melakukan monitoring terhadap seluruh anggota Paskibraka hingga tanggal 17 Agustus mendatang. Ia optimis, bahwa Paskibraka tahun ini mampu memberikan performa yang maksimal.

“Setiap harinya, kami melakukan monitoring mulai dari kesiapan hingga kesehatan para anggota paskibraka. Apa yang terjadi di lapangan, kami evaluasi hingga gladibersih 16 Agustus. Kami optimis dapat memberikan performa maksimal saat 17 Agustus mendatang,” imbuh Soemarno. (sak)