216 Nakes Teladan Dapat Uang dan Laptop
PEMERINTAHAN PERISTIWA

216 Nakes Teladan Dapat Uang dan Laptop

Tahun ini, sebanyak 216 orang Tenaga Kesehatan Puskesmas mendapatkan predikat sebagai Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan Tingkat Nasional 2016. Mereka berasal dari 34 Provinsi terdiri 27 dokter, 21 dokter gigi, 29 perawat, 28 bidan, 25 tenaga kesehatan masyarakat, 33 tenaga gizi, 18 tenaga kesehatan lingkungan, 16 ahli teknologi laboratorium medik, dan 19 tenaga kefarmasian.

Penganugrahan Nakes Puskesmas Teladan tingkat Nasional tahun 2016 mengangkat tema Tenaga Kesehatan Teladan Penggerak Pembangunan Kesehatan Masyarakat. Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Farid Moeloek SpM(K), memberikan apresiasi secara langsung kepada para Nakes Teladan.

Secara simbolis Menkes memberikan kepada sembilan Nakes Puskesmas Teladan, yaitu Kategori Dokter: Alwin Assagaf, Puskesmas Siko, Maluku Utara. Kategori Dokter Gigi: Farawati Taruliasi, Puskesmas Kelurahan Kembangan, Jakarta. Kategori Perawat: Ruben Suhuneap, Puskesmas Anggruk, Yahukimo, Papua. Kategori Bidan: Nurlina Sri Andalis, Puskesmas Ngombol, Purworejo, Jateng.

Kategori Kesehatan Masyarakat: Agus Khendra Firdaus, Puskesmas Delang, Kab. Lamandau, Kalteng. Kategori Nutrisionis: Yusnidar Harahap, Puskesmas Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau. Kategori Lab Medik: Julita Ernesta Saba, Puskesmas Puwatu, Kendari, Sulteng. Kategori Sanitarian: Aminah, Puskesmas Cibeureum, Kuningan, Jabar. Dan Kategori Kefarmasian: Vica kurnia Maya, Puskesmas Kersik, Tuo, Jambi.

Menurut Menkes, tenaga kesehatan berperan besar menentukan sukses atau tidaknya pembangunan kesehatan di masyarakat. Melalui penghargaan Nakes teladan, diharapkan mampu memotivasi dan meningkatkan kinerja Nakes dalam memberikan pelayanan kesehatan profesional bagi masyarakat.

Nakes teladan juga diharapkan dapat menjadi penggerak pembangunan kesehatan sehingga masyarakat akan dapat berperilaku hidup bersih dan sehat untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Di Indonesia, puluhan ribu tenaga kesehatan di Puskesmas adalah teladan yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh dan menunjukkan prestasi kerja yang sebaik-baiknya. Mereka adalah pahlawan bangsa yang menunaikan tugasnya hingga di pelosok pedesaan, bahkan terpencil dan di kepulauan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tutur Menkes.

“Penghargaan yang diberikan kepada Nakes Teladan merupakan manifestasi rasa terima kasih dan penghargaan dari Pemerintah kepada tenaga kesehatan di Daerah,” kata Menkes.

Sebagai apresiasi, seluruh Nakes Teladan akan mendapatkan tabungan senilai Rp 10 juta dan laptop. Selain itu, panitia juga melakukan seleksi terhadap makalah yang disampaikan untuk memilih peserta dengan makalah terbaik yang akan mendapatkan hadiah tambahan dari sponsor berupa sepeda motor dan hadiah menarik lainnya. (sak)