24 Pelajar ke Olimpiade Internasional
KOMUNITAS PERISTIWA

24 Pelajar ke Olimpiade Internasional

Sebanyak 24 pelajar Indonesia akan berlaga di kompetisi internasional berbagai bidang pada tahun ini. Seni Rupa, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, dan Debat. Seluruh kompetisi internasional akan pada Juli 2016 di berbagai negara; Jepang, Vietnam, Georgia, Swiss, Hongkong dan Jerman.

Peserta olimpiade internasional untuk bidang Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika, merupakan pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015. Sedangkan peserta kompetisi internasional bidang Seni Rupa merupakan seleksi pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2015. Sementara peserta lomba debat internasional dipilih lewat lomba debat di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional, yaitu National School Debating Championship (NSDC) 2015.

Sebelum ke-24 pelajar tersebut berangkat berkompetisi, mereka menemui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan untuk menerima arahan. Mendikbud mengatakan, kesempatan yang dimiliki mereka dalam mewakili Indonesia di ajang internasional merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan. “Jangan dianggap sebagai beban, tapi sebagai kehormatan,” tuturnya di Kantor Kemendikbud Jakarta, pekan lalu.

Mendikbud meminta pelajar memiliki target tinggi. “Targetkan yang jelas, bahwa saya akan pulang dengan membawa emas untuk Indonesia. Kalau targetnya jelas, semua usaha akan mengarah ke sana,” katanya. Ia juga mengimbau mereka dan tim pendamping menjaga kesehatan selama berada di negara yang menjadi lokasi kompetisi.

Kompetisi internasional bidang seni rupa, yaitu The International High School Festival, berlangsung di Tokyo, Jepang. Wakil Indonesia: Rifqi Aditya dari Bontang, Kaltim berangkat 30 Juni 2016, hingga 3 Juli 2016.

Olimpiade Internasional Biologi ke-27 alias 27th International Biology Olympiad (IBO) berlangsung 16-24 Juli 2016 di Hanoi, Vietnam. Empat pelajar Indonesia akan bersaing dengan 274 siswa dari 69 negara peserta.

Olimpiade Internasional Kimia ke-48 (48th International Chemistry Olympiad – IChO), diselenggarakan di Tbilisi, Georgia, akhir Juni hingga 2 Juli 2016. Empat pelajar Indonesia berkompetisi dengan ratusan peserta dari 80 negara.

Olimpiade Fisika Internasional ke-47, atau 47th International Physics Olympiad (IPhO) diadakan di Zurich, Swiss, 10-18 Juli 2016. Lima pelajar Indonesia berjuang memperebutkan medali emas, bersaing dengan ratusan peserta dari 84 negara.

Olimpiade Matematika Internasional ke-57 (57th International Mathematical Olympiad – IMO) berlangsung di Hongkong, pada 6-16 Juli 2016. Ada enam pelajar Indonesia yang jadi peserta, berkompetisi dengan 616 peserta lainnya yang berasal dari 117 negara.

Kejuaraan Lomba Debat Sekolah tingkat Dunia ke-28, atau 28th World School Debating Championship (WSDC) diselenggarakan di Stuttgart, Jerman, 19-29 Juli 2016. Indonesia mengirimkan dua tim. Tim Turnamen yang diwakili empat pelajar yang menjadi peserta, dan Tim Observer Penyelenggaraan dari Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud dan beberapa pihak lain. (sak)