32 Tim Liga Pelajar U-16 ke Seri Nasional
OLAHRAGA PERISTIWA

32 Tim Liga Pelajar U-16 ke Seri Nasional

Liga Pelajar U-16 (LP-U16) memasuki seri nasional yang akan dilaksanakan bulan September. Sebelumnya pada Juli-Agustus dilaksanakan kompetisi seri Regional di tingkat kabupaten/kota. Hasilnya ada 32 tim bakal berlaga di seri nasional.

Dari total 34 provinsi di Indonesia, hanya dua propinsi yang tidak menyelenggarakan turnamen yaitu Sulawesi Tengah dan Papua Barat. Keterbatasan sumberdaya manusia dan letak geografis membuat dua propinsi ini sulit menyelenggarakan kompetisi. Jawa Timur diwakili tim Persebaya Surabaya.

Kepala Bidang Olahraga Pendidikan Dasar Kemenpora M Jaenal mengatakan dalam pembinaan olahraga sepakbola, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga menyelenggarakan kompetisi U12, U14, U16, U18, Liga Mahasiswa, dan Liga Santri. “Diharapkan dengan dilaksanakannya kompetisi ini akan dapat menyaring potensi anak bangsa terus berkembang, karena pembinaan secara dini dengan baik dan terstruktur akan menghasilkan atlet yang berkembang,” ujar M Jaenal saat konferensi pers terkait penyelenggaraan babak 32 besar LP-U16, Kamis (1/9) sore.

Seri nasional LP-U16 akan diikuti 32 tim dari 32 provinsi Indonesia yang terbagi dalam 8 group. Babak 32 besar dipertandingkan pada 3-9 September di Jakarta, Banten, Surabaya dan Sidoarjo.

“Ada empat stadion di Jakarta dan Banten yang akan digunakan untuk babak penyisihan grup, yaitu Stadion Soemantri Brojonegoro, Stadion Tugu, Stadion Sunter, dan Lapangan Sekolah Pelita Harapan. Peringkat 1 dan 2 grup akan mengikuti babak 16 besar dengan sistem gugur,” lanjutnya. “Untuk kick off babak 32 besar akan dilaksanakan di Stadion Soematri Brojonegoro, Minggu 4 September 2016,” ujarnya.

M Kusneni pengamat dan komentator sepakbola Indonesia yang merupakan bagian dari pengurus LP-U16 menyampaikan bahwa LP-U16 ini merupakan kali pertamanya dilaksanakan. Selama ini yang sudah berjalan adala Liga U-14 dan Liga Santri, peserta yang bermain di U-16 sebagain besar adalah peserta yang bertanding di U-14, sehingga kompetisi LP-U16 ini merupakan kesinambungan pelaksanaan LP-U14.

“Tahun ini kami bekerjasama dengan I-Soccer, I-Soccer ini adalah lembaga yang akan membantu kami membangun data base pemain sepakbola usia muda, pemain akan didata secara resmi oleh I-Soccer sehingga jika ada even-even mendatang, data base itu akan dapat dipakai,” ujarnya.

Kusnaeni menerangkan hasil dari talent scouting U-16 akan diskorkan, dan akan disampaikan kepada PSSI nama-nama pemain yang dianggap terbaik pada LP-U16, dengan itu diharapkan pemain inilah yang dapat dipantau PSSI dalam rangka menghadapi Piala AFF U-16 kedepan.

“Diharapkan PSSI dapat memanfaatkan data yang sudah kami siapkan ini secara maksimal, sehingga atlet yang mengikuti kompetisi ini dapat memberikan kontribusi kepada tim nasional,” ujarnya.

Untuk penyelenggaraan babak perempat final, semifinal dan perebutan peringkat ke-tiga dilaksanakan di Surabaya. Sedang partai final dilaksanakan di Sidoarjo, bersamaan dengan acara pucak peringatan Hari Olahraga Nasional Ke-33. (sak)

Daftar Tim Babak 32 Besar:
Grup A :
1. Soe Generation (Nusa Tenggara Timur)
2. Bina Prestasi (Kepulauan Riau)
3. SSB Cordoba (Maluku Utara)
4. PSN Nunukan (Kalimantan Utara)

Grup B :
1. SInar Abadi Kota Kendari (Sulawesi Tenggara)
2. Terang Bangsa (Jawa Tengah)
3. Mitra Manakarra Mamuju (Sulawesi Barat)
4. FKPPS Sumbawa Besar (Nusa Tenggara Barat)

Grup C :
1. Beruang Madu Sakti (Kalimantan Timur)
2. Babel (Bangka Belitung)
3. Bulu China Deli Serdang (Sumatera Utara)
4. Panther Manado (Sulawesi Utara)

Grup D :
1. SSB Bank Sulselbar (Sulawesi Selatan)
2. SSB Leparisa (Maluku)
3. Diklat Persib (Jawa Barat)
4. Putra Perkanthi (Bali)

Grup E :
1. SMAN 1 Gorontalo (Gorontalo)
2. MTsN Palangkaraya (Kalimantan Tengah)
3. CMN Kintap Tanah Laut (Kalimantan Selatan)
4. PSP Padang (Sumatera Barat)

Grup F :
1. Persebaya (Jawa Timur)
2. SYSA Musi Banyuasin (Sumatera Selatan)
3. SSB Wiyatama (Lampung)
4. GKFA Sambas (Kalimantan Barat)

Grup G :
1. Salfas Soccer (Banten)
2. SMAN 2 Lhoksumawe (Nanggroe Aceh Darussalam)
3. SSB Tunas Muda (Bengkulu)
4. Blue Eagle (DKI Jakarta)

Grup H :
1. SSB Bungo Junior (Jambi)
2. SSB Bina Bakat (Riau)
3. Enaimo FC Paniai (Papua)
4. AMS Seyegan (DI Yogyakarta)