Alat Terapi Pernapasan dari Sampoerna
KOMUNITAS PERISTIWA

Alat Terapi Pernapasan dari Sampoerna

Pemerintah (Pemkot) Kota Surabaya kembali menerima bantuan satu unit alat kesehatan (alkes) berupa Hi Flow Nasal O2 Therapy dari PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna). Alat ini dapat digunakan untuk membantu pasien yang mengalami masalah pernapasan seperti Covid-19.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PT HM Sampoerna Tbk itu. Menurutnya, bantuan berupa alat kesehatan ini merupakan yang kesekian kalinya diberikan oleh Sampoerna.

“Ini bukan (bantuan) yang pertama dari Sampoerna. Karena kemarin sudah memberikan beberapa alat, mesin PCR juga. Ini yang kesekian kalinya Sampoerna memberikan bantuan kepada Pemkot Surabaya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi usai menerima bantuan alkes di Halaman Balai Kota Surabaya, pekan lalu.

Ia menjelaskan, bahwa alat ini dapat digunakan untuk membantu pasien Covid-19 yang mengalami gangguan masalah pernapasan. Alat ini sama halnya fungsinya dengan ventilator. Namun, cara penggunaan alat ini lebih sederhana dari ventilator yang harus dimasukkan ke dalam mulut hingga kerongkongan pasien.

“Kalau (alat) ini cukup ditempelkan di hidung, jadi tidak menyakitkan. Sehingga alat yang diberikan dari Sampoerna ini banyak membantu,” jelas dia.

Wali kota yang akrab disapa Cak Eri ini menyatakan, meski pasien Covid-19 di Surabaya menurun, alat ini ke depannya tetap dapat digunakan. Sebab, alat bantu pernapasan ini tak hanya dapat digunakan untuk terapi pasien Covid-19 tapi juga penyakit lainnya.

“Ini tidak hanya untuk penyakit Covid-19, tapi juga untuk penyakit lainnya. Dengan alat ini, jauh lebih (baik) dan tidak menyakitkan dari pada ventilator,” ujarnya.

Terlepas dari semua itu, pihaknya berharap, kolaborasi dan sinergi antara Pemkot Surabaya dan Sampoerna ini ke depannya tetap terjaga. Tentunya kolaborasi yang telah terjalin ini dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Surabaya. “Semoga kolaborasi, sinergi, antara Pemerintah Kota dengan Sampoerna terus berlanjut, yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” tutur dia.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Urusan Eksternal, PT HM Sampoerna Tbk, Ishak Danuningrat menyatakan, bahwa bantuan ini merupakan salah satu bentuk rangkaian kepedulian PT HM Sampoerna Tbk kepada masyarakat Surabaya sejak pandemi Covid-19 melanda.

“Jangan lupa bahwa Sampoerna itu lahir di Surabaya. Jadi bagaimanpun juga apa yang kami lakukan selalu akan kami ingat. Bahwa tanpa Surabaya, Sampoerna tidak akan pernah ada,” kata Ishak Danuningrat.

Menurut dia, bantuan alkes yang diberikan kepada pemkot ini merupakan bentuk implementasi falsafah dari logo tiga tangan PT HM Sampoerna Tbk. Dimana esensi salah satu dari tiga tangan itu adalah memperhatikan atau peduli terhadap masyarakat secara luas. “Ke depannya kami akan coba selalu berbakti atau mendukung baik itu untuk komunitas atau masyarakat secara luas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan, alat bantu pernapasan dari PT HM Sampoerna Tbk ini merupakan bantuan yang keempat kalinya. Di tahun sebelumnya, Sampoerna sudah memberikan tiga alat yang sama. “Ini merupakan bantuan keempat yang diberikan oleh Sampoerna,” kata Febria.

Usai diserahterimakan, Febria langsung menginstruksikan jajarannya untuk segera memindahkan alat tersebut menuju ICU RSUD dr Soewandhie Surabaya. Tentunya dengan adanya tambahan alat baru ini diharapkan dapat semakin mendukung pelayanan di rumah sakit. “Jadi kalau (pasien) pakai Hi Flow Nasal ini tidak perlu lagi pakai ventilator,” pungkasnya. (ita)