Alibaba Ingin Pasarkan Wisata Indonesia
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Alibaba Ingin Pasarkan Wisata Indonesia

Pada hari pertama kunjungannya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja mengunjungi Alibaba Group Corporate Campus, yang merupakan e-commerce platform terbesar di dunia, yang berbasis di Hangzhou, RRT, Jumat (2/9) sore.

Kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengatakan, dalam kunjungan Presiden itu dibicarakan cukup panjang mengenai potensi kerjasama lagi, seperti misalnya Alibaba juga mempunyai yang platform cukup besar untuk online booking travel.

“Tadi juga sempat dibicarakan potensi kerjasama di sektor wisata, syukur tadi ada Pak Menko Maritim yang juga membawahi bidang pariwisata,” kata Lembong kepada wartawan.

Sebelumnya Lembong mengemukakan, bahwa dua bulan lalu saat kunjungan dirinya selaku Menteri Perdagangan, Alibaba telah meluncurkan Inamall.

“Inamall itu seperti paviliun produk-produk Indonesia di platform Alibaba supaya bisa menjangkau pasar domestik di Tiongkok. Ini suatu permulaan yang akan kita tambah terus,” kata Lembong.

Bulan lalu, lanjut Kepala BKPM itu, Alibaba telah mengakuisisi Lazada dengan nilai lebih dari 1 miliar dollar USD, dengan demikian Alibaba juga menjadi salah satu investor terbesar di Indonesia. “Maka saya juga bisa melanjutkan hubungan saya dengan Alibaba sebagai Kepala BKPM,” ujarnya.

Lembong berterima kasih kepada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito yang sangat membantu mendukung keberlanjutan inisatif ini. “Saya kira ini akan dilanjutkan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, tentunya Kominfo. Tadi Pak Menkominfo juga mengusulkan karena Alibaba itu sangat baik untuk UKM. Kami juga berniat menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM,” pungkasnya.

Berdayakan UKM
Presiden Jokowi dan pendiri sekaligus CEO Alibaba, Jack Ma memiliki pandangan dan visi yang sama mengenai dukungan terhadap UKM. Mereka sependapat UMKM harus diberi akses terhadap teknologi agar dapat berkembang lebih jauh.

“Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan sama tentang UKM. Bahwa UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini. Posisi ataupun visi dari Jack Ma itu juga begitu, di mana-mana di seluruh dunia yang difokuskan adalah bagaimana kepada UKM,” kata Menkominfo Rudiantara usai mendampingi Jokowi.

Menurut Rudiantara, dalam pertemuan dengan CEO Alibaba dijajaki agar UMKM Indonesia juga dapat masuk ke Tmall. Selain itu, juga dijajaki agar UMKM tersebut juga bisa masuk ke layanan AliExpress.

“AliExpress itu adalah platform-nya yang sama dari Alibaba tapi untuk global. Jadi UKM kita diharapkan tidak hanya menyasar pasar Tiongkok,” kata Rudi seraya mengungkapkan kerjasama mengangkat UKM ini akan ditindaklanjuti dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

Rudiantara mengungkapkan pemerintah melalui Kementerian Kominfo dan Kementerian Koperasi UKM telah mempunyai program dengan target 8 juta UKM online pada tahun 2020.

“Dari 56 juta UMKM di Indonesia targetnya itu sampai saat ini 8 juta sampai dengan 2020. Programnya sekarang sudah jalan dengan Kementerian Koperasi,” pungkas Rudi. (sak)