Aplikasi Research Sharing Telkom dan Unair
KOMUNITAS PERISTIWA

Aplikasi Research Sharing Telkom dan Unair

Universitas Airlangga menggalakkan kerjasama guna meningkatkan mutu pendidikan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia. Bersama PT Telkom Indonesia dilakukan penandatanganan nota kesepahaman pemanfaatan potensi bersama antara Telkom dengan Unair.

Kesepahaman yang dilakukan di Ruang Sidang Pleno, Kantor Manajemen Unair pada Rabu (29/6) lalu itu, pihak Unair diwakili Wakil Rektor III Prof Ir M Amin Alamsjah MSi PhD. yang mengatakan kerjasama dengan Telkom dalam rangka pengembangan aktivitas akademik Unair, khususnya bidang teknologi informasi.

“Khusus dalam information and technology, ini menjadi taruhan, sejauh mana IT tersebut bisa digunakan dengan baik demi pengembangan aktivitas akademik kita,” ujar Prof Amin dalam sambutannya.

Direktur E-Bisnis Telkom Muhammad Awaluddin menambahkan kerjasama Telkom dengan Unair didasari atas banyaknya ide-ide dari kampus yang dianggap unik, terutama dalam hal teknologi informasi.

“Pentingnya sinergi ini karena banyak sekali inisiasi-inisiasi dari kampus yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, hal ini juga supaya kampus dapat menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia,” ujar Awaluddin.

Sebagai bagian dari BUMN, Awaluddin menganggap bahwa Telkom juga turut bertanggung jawab dalam pengembangan pendidikan nasional, khususnya bidang teknologi informasi. “Kami tidak boleh tinggal diam, kami siap membantu untuk itu,” tegasnya.

Awaluddin juga mengenalkan program jaringan Telkom yang bernama idREN (Indonesian Research and Education Network). Menurutnya, idREN dapat menunjang pengembangan riset serta pembelajaran bagi perguruan tinggi nasional di Indonesia.

“Jaringan ini juga mampu menyediakan saluran khusus untuk research sharing antar PT di Indonesia,” tandasnya. “idREN ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan pemimpin PT untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitas riset PT,” imbuhnya.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman, Prof Amin berharap agar hal tersebut dapat membantu Unair untuk memantapkan predikat sebagai perguruan tinggi berkelas dunia. “Selain itu, harapan kami kerjasama ini juga bisa menggerakkan gerbong aktivitas akademik, juga university holding dari Unair,” pungkasnya. (sak)