Baca Puisi ala Menteri Susi
PERISTIWA SENI BUDAYA

Baca Puisi ala Menteri Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti didaulat untuk membacakan beberapa puisi karya penyair legendaris Chairil Anwar dalam acara ulang tahun Tempo yang ke-45 tahun bertajuk ‘Merayakan Chairil Anwar’ di Teras Tempo Palmerah, Jakarta, awal pekan lalu.

Malam itu, Menteri Susi berbagi panggung dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Disaat naik ke atas panggung oleh MC, penonton memberikan tepuk tangan yang meriah untuk Menteri Susi. Malam itu, Ia membacakan dua puisi Chairil, yakni ‘Kabar dari Laut’ dan ‘Kepada Penyair Bohang’.

Sebelum membacakan puisi Chairil, Susi sempat berkelakar. “Kalau Pak Sudirman baca puisi terakhir kelas 3 SMP, saya baca puisi terakhir ya sebelum dropout dari SMA. Hampir dua tahun ini juga saya baca puisi yang teriakannya, ‘3, 2, 1, tenggelamkan!” katanya yang diikuti dengan gelak tawa dari penonton.

Sebelum Susi tampil, Retno dan Agus juga membacakan sajak Chairil. Retno Marsudi membawakan salah satu puisi yang terkenal milik Chairil, yakni ‘Aku’. “Kalau sampai waktuku, ku mau tak seorang kan merayu. Aku ini binatang jalang, dari kumpulannya terbuang. Aku mau hidup seribu tahun lagi,” tuturnya.

Usai Retno membacakan puisi ‘Aku’ dan puisi kedua yang berjudul ‘Lagu Biasa’, giliran Agus yang membawakan salah satu sajak Chairil, yakni yang berjudul ‘Pelarian’. “Mari! Mari! Turut saja! Tak kuasa, terengkam. Ia dicengkam malam,” ujar Agus dengan suara berat dan berapi-api.

Malam itu, acara Teras Budaya Tempo bertema ‘Merayakan Chairil Anwar’. Acara ini dibuka dengan ceramah budaya dari Goenawan Mohamad.

Sejumah Menteri dan Artis tampil membacakan puisi Chairil adalah Menkeu Sri Mulyani, Kapolri Tito Karnavian, Menhub Budi Karya Sumadi, Menaker Hanif Dhakiri, Mendag Enggartiasto Lukita, Ketua KPK Agus Rahardjo, Gubernur Banten Rano Karno, serta Bupati Karawang Cellica Nurachadiana dan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.

Juga ada artis seperti Dian Sastro, Ine Febrianti, Raline Shah, Sophia Latjuba dan Reza Rahardian. Tak ketinggalan ada mantan Mendikbud Anies Baswedan, serta mantan Menteri ESDM Sudirman Said. (sak)