Bank Jatim dan BPD NTB Dukung Transaksi Kepelabuhan Pelindo III
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Bank Jatim dan BPD NTB Dukung Transaksi Kepelabuhan Pelindo III

Untuk memberikan kemudahan layanan transaksi pengguna jasa kepelabuhanan, Pelindo III kembali menggandeng dua Bank Pembangunan Daerah (BPD) yaitu Bank Jatim dan BPD Nusa Tenggara Barat.

Kerjasama dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pelindo III dengan dua BPD yang diselenggarakan di Mataram, NTB pada Rabu (21/9). Agustus lalu acara serupa telah diselenggarakan dengan menggandeng lima BPD yakni BPD Jateng, BPD Kalsel, BPD Kalteng, BPD Bali dan BPD NTT.

Komitmen sinergi Pelindo III dengan dua BPD ditandatangani Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak, Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer, Dirut BPD NTB, Komari Subakir dan Dirut Bank Jatim Soeroso dan Direktur Bisnis Menengah & Korporasi Bank Jatim Su’udi.

Tujuan kerjasama untuk mempercepat dan memudahkan kelancaran transaksi pembayaran jasa kepelabuhanan antara Pelindo III dengan pengguna jasanya melalui Host to Host System, guna meningkatkan kinerja usaha dengan prinsip saling menguntungkan.

Fasilitas dan layanan perbankan Host to Host System meliputi Auto Collection dan Billing System atau Fasilitas Electronic diantaranya Internet Banking, Cash Management System, ATM, SMS Banking, Electronic Data Capture.

Tidak hanya itu, kerjasama Pelindo III dengan BPD juga mencakup pembukaan rekening penerimaan dengan menggunakan mekanisme cash management, penempatan deposito.

Serta pemilihan BPD sebagai penerbit bank garansi untuk pelaksanaan program investasi di lingkungan kerja Pelindo III, dan pemasangan ATM khususnya di terminal penumpang di masing-masing pelabuhan cabang yang dikelola Pelindo III.

Dirut Pelindo III mengatakan kerjasama itu merupakan wujud nyata Pelindo III bersinergi dengan Bank Daerah guna memacu pembangunan daerah dan mendorong peningkatan perekonomian nasional.

Menurutnya penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan mempermudah proses bisnis di Pelindo III. “Layanan ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk pengguna jasa dalam proses transaksi keuangan, sehingga meningkatkan produktivitas di pelabuhan karena terkait dengan proses bisnis di lapangan,” kata Orias. (sak)