Baru, Museum Kereta Api di Bondowoso
JALAN-JALAN PERISTIWA

Baru, Museum Kereta Api di Bondowoso

Bondowoso bakal memiliki Museum Kereta Api yang menurut rencana diresmikan tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71 pada 17 Agustus 2016. Ini merupakan museum kereta api yang pertama ada di Jawa Timur.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengatakan gagasan pendirian museum kereta api sebenarnya sudah muncul sejak tiga tahun lalu. Berawal dari keprihatinan melihat bangunan gedung Stasiun di Bondowoso yang menganggur.

Padahal ada sejarah panjang di balik bangunan tersebut. “Kondisi bangunannya juga bagus. Arsitekturnya khas,” kata Amin seperti dikutip kepada Tempo.

Stasiun KA Bondowoso termasuk salah satu yang punya nilai sejarah kepahlawanan yakni peristiwa gerbong maut. Dan stasiun tersebut hingga saat ini masih terawat dengan baik sekalipun selama ini tidak berfungsi sebagai stasiun.

Di Jawa Timur hingga saat ini belum ada museum kereta api. “Nah kami ajak PT KAI memfungsikan Stasiun KA Bondowoso sebagai museum,” ujar Amin.

Disebutkan, sejarah, model bangunannya serta koleksinya nanti diyakini bakal menjadi daya tarik pengunjung museum. Menurut Amin akan didatangkan lokomotif tua sebagai koleksi museum kereta. Juga gerbong maut yang asli. Selain menjadi obyek wisata, museum tersebut nantinya juga akan menjadi obyek wisata pendidikan.

Terkait keberadaan museum ini, pihak Pemkab Bondowoso akan melakukan penandatanganan kesepakatan (MoU) dengan Daerah Operasional IX PT KAI. Penandatangan MoU rencananya dilaksanakan 17 Agustus 2016, terkait kerjasama pemanfaatan dan pengelolaan Stasiun KA Bondowoso sebagai museum kereta api dan pengoperasian kereta wisata.

“Karena ada rencana membuka jalur kereta wisata Bondowoso-Tamanan. Jalur keretanya sudah ada tetapi selama ini tidak dipergunakan,” katanya. Di Tamanan banyak potensi seperti sentra batik dan desa wisata. Asetnya milik PT KAI tapi lokasinya di Bondowoso. “Sejarahnya adalah bagian dari sejarah Bondowoso,” ujarnya.

MoU itu nantinya akan jadi payung bagi kerjasama yang lebih konkrit yang akan disepakati lebih lanjut. Dengan kesepakatan itu akan disepakati hak dan kewajiban masing-masing pihak, tambahnya. (sak)