Belajar Hidup Bersama Para Maestro
PERISTIWA SENI BUDAYA

Belajar Hidup Bersama Para Maestro

Program Belajar Bersama Maestro 2016 resmi diselenggarakan. 150 peserta kegiatan ini akan mempelajari beberapa kesenian dan tinggal bersama 10 maestro seni di Indonesia. Pembekalan dan Pelepasan BBM 2016 diselenggarakan di Aula Ki Hajar Dewantara, Kemendikbud, Senin (18/7/2016) dan dihadiri oleh sembilan dari sepuluh maestro.

Aji Atmala, salah satu peserta BBM 2016 asal SMAN 2 Brebes mengatakan bahwa butuh proses yang sulit untuk dapat terpilih sebagai peserta Maestro Nano Riantiarno. “Saya harus menempuh proses yang sulit dan mengalahkan ratusan peserta berbakat lainnya untuk belajar dan melatih kemampuan saya bersama Nano Riantiarno,” ucap Aji Atmala.

Hal senada juga dikatakan oleh Rismawati, peserta asal SMA Islam, Kebumen, Lampung. Ia mengikuti program BBM 2016 ini dengan tujuan mengembangkan bakatnya. “Saya merasa bersyukur dapat terpilih menjadi peserta Maestro Sundari Soekotjo sehingga dapat mengembangkan, mengajarkan, dan melestarikan seni Keroncong kepada teman-teman nanti,” jelas Rismawati.

Sundari Soekotjo, salah satu maestro yang terlibat dalam program BBM 2016 mengatakan bahwa kegiatan ini seiring dengan misi yang sedang Ia kerjakan. “Saya memang sedang mencari generasi muda untuk terlibat dalam Yayasan Keroncong Indonesia. Dengan program ini, diharapkan para peserta akan semakin mengenal, mempelajari, dan pada akhirnya melestarikan musik Keroncong,” tutur Sundari Soekotjo.

Direktorat Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid didampingi oleh Direktur Kesenian, Endang Caturwati mengatakan bahwa Belajar Bersama Maestro merupakan program yang sangat bermanfaat. “Program BBM 2016 merupakan program berbagi ilmu antar generasi yang tidak hanya belajar tentang seni namun juga belajar hidup sebagai seniman,” ujar Hilmar.

Selain itu, Hilmar juga mengatakan bahwa Belajar Bersama 2016 merupakan suatu usaha kepeloporan. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan mempelopori siswa siswi menjadi generasi pencetus. Kalian adalah orang-orang terpilih yang bertemu dengan orang-orang terpilih juga,” lanjut Hilmar.

Pelepasan kegiatan Belajar Bersama Maestro 2016 juga dimeriahkan penampilan Tari Bali oleh salah satu maestro, Ni Ketut Arini dan persembahan lagu keroncong oleh Sundari Soekotjo. (sak)