Bentuk Karakter Pemuda Lewat PCTA
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Bentuk Karakter Pemuda Lewat PCTA

Kementerian Pertahanan menggelar Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Pusat (PCTA) 2016. Mengusung tema ‘Memantapkan Sikap Generasi Muda Dalam Menghadapi Kemajuan Informasi dan Teknologi’, kegiatan yang diikuti perwakilan mahasiswa dan pelajar dari seluruh Indonesia, bertujuan membentuk karakter generasi muda Indonesia sebagai calon pemimpin masa depan.

“Kegiatan ini diharapkan, karakter kebangsaan, cinta tanah air serta semangat patriotisme untuk generasi muda Indonesia akan semakin tertanam,” kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat membuka Lomba PCTA di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (8/9) lalu.

“Untuk mampu membawa bangsa Indonesia bersaing dalam percaturan global, maka diperlukan sumber daya manusia yang handal, memiliki pengetahuan dan menguasai teknologi dan informasi,” jelas Menhan.

Namun hal, menurut Ryamizard, upaya tersebut tidak akan berhasil apa-apa tanpa adanya semangat juang dan rasa kebangsaan serta patriotisme yang tinggi.

“Nilai-nilai luhur tersebut menjadi pedoman untuk menjadi bangsa yang unggul baik dalam ilmu pengatahuan maupun dalam penerapan nilai-nilai dan etika peradaban,” tambah Menhan.

Kementerian Pertahanan membuka partisipasi aktif generasi muda Indonesia mengikuti kegiatan Lomba PCTA. Dalam kegiatan itu, peserta memperdalam pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air serta menumbuhkan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Menhan Ryamizard menjelaskan, kegiatan Lomba PCTA juga merupakan bagian tidak terpisahkan dari upaya bela negara. “Kegiatan mengasah kemampuan melalui lomba seperti ini juga merupakan salah satu upaya kegiatan bela negara,” jelas Menhan.

Lomba PCTA 2016 telah dilaksanakan rutin setiap tahun sejak 2012 oleh Kemhan dengan materi yang dilombakan antara lain keterampilan dan diskusi. Untuk lomba diskusi antar Perguruan Tinggi dan SLTA sederajat diikuti 34 tim dari 34 provinsi di Indonesia.

Selain kegiatan lomba, para peserta juga berkesempatan mengikuti kegiatan ceramah pengetahuan bela negara dan melakukan kunjungan wisata bela negara ke satuan TNI, Monas, Istana Negara Bogor serta bertatap muka dengan Menhan Rymizard Ryacudu di Kantor Kemhan Jakarta.

Melalui penyelenggaraan Lomba PCTA, juga telah dibentuk Ikatan Alumni PCTA di setiap provinsi sebagai kader bela negara di lingkungan pendidikan yang dibina Kemhan dan didukung Pemda setempat.

Pelibatan partisipasi aktif elemen masyarakat dari generasi muda Indonesia seperti itu merupakan salah satu bentuk upaya Kemhan mengatasi dan menangkal ancaman nonmiliter yang kian nyata dalam pertahanan negara saat ini. (sak)