Beradu Ide Bisnis Kreatif di Festival Entrepreneur Unair
KOMUNITAS PERISTIWA

Beradu Ide Bisnis Kreatif di Festival Entrepreneur Unair

Para anggota Workshop Entrepreneur Business Society (WEBS) Universitas Airlangga kembali menyelenggarakan gawe besar tahunan. Pada trimester akhir tahun 2016, WEBS akan menyelenggarakan acara WEBS Entrepreneur Festival Day (WEFD). Tema besar yang diusung dalam acara WEFD kali ini adalah ‘Entrepreneurship in Urban Lifestyle’.

“WEFD ini merupakan event tahunan kita, dan tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga. Itu serangkaian acara yang tujuan akhirnya adalah memberdayakan pengusaha muda,” tutur ketua panitia WEFD Wahyu Dwi Kristyanto.

Dalam acara WEFD, ada empat rangkaian acara menarik yang bisa diikuti semua kalangan, baik dari sivitas akademika maupun masyarakat umum yang memiliki minat terhadap bisnis dan kewirausahaan. Keempat acara itu adalah kompetisi ide bisnis ‘National Youth Innovation Competition (NYIC)’, bazaar ‘Sunrise Market’, diskusi ‘Discussion Innovative Entrepreneur’ (Discover) dan ‘Urbanites Festival’.

Dalam kegiatan NYIC, awak WEBS sudah menentukan tema proposal bisnis yang akan dilombakan. Tema yang diangkat dalam kompetisi ide bisnis kali ini adalah ‘Urban Life Solutions’. Peserta diminta untuk mengirimkan proposal dan display produk ide bisnis yang sesuai dengan tema yang ditentukan. Pendaftaran peserta akan dibuka mulai 1 Agustus–15 September 2016.

Proposal kiriman peserta akan diseleksi juri-juri yang merupakan pakar di bidangnya. Rencananya, pada 22 September 2016, sepuluh finalis terpilih akan diminta mempresentasikan proposal dan display produk. Kegiatan NYIC akan diselenggarakan di Aula Fadjar Notenegoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unair.

Selain NYIC, WEBS juga menggelar diskusi yang dihadiri para pebisnis sukses di bidang industri kreatif. Diskusi ini dikemas dalam format gelar wicara (talkshow) dan temu sapa dengan tiga direktur utama dari malesbanget.com (Christian Sugiono), Men’s Republic (Yasa Singgih), dan Jakarta Euphoria Project (Keenan Pearce). Gelar wicara ini akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2016 di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Unair, dan terbuka untuk semua kalangan.

“Kami dari tim penyelenggara ingin membangkitkan jiwa berbisnis anak-anak muda. Anak-anak muda jangan lagi hanya concern dengan kuliah saja, tetapi bisa memulai bisnis dari usia sedini mungkin,” tutur Wahyu.

Hiburan
Dalam kegiatan ‘Sunrise Market’, WEBS akan menghadirkan lebih dari 70 stan bazar kuliner, busana, kerajinan tangan, dan aksesoris. Pengunjung juga bakal diajak seru-seruan dengan melakukan senam pagi bersama, dan dihibur penampilan anggota unit kegiatan mahasiswa Unair serta komunitas seni di Surabaya. Acara ‘Sunrise Market’ akan dilangsungkan di Airlangga Convention Center pada 18 September dan 2 Oktober 2016. Sedangkan, pendaftaran stan akan dibuka pada 15 Agustus – 15 September 2016.

Sebagai penutup rangkaian acara WEFD, acara ‘Urbanite Festival’ rencananya akan dihadiri grup musik kenamaan seperti Sheila on 7, The Sigit, Danilla, dan 4Indie Band. Hiburan musik akan dilangsungkan di atrium Surabaya Town Square pada 9 Oktober 2016. Pengunjung tak hanya menikmati pertunjukan musik secara langsung, tetapi juga bisa menikmati bazaar, hand lettering workshop, dan kompetisi foto acara. (sak)