Bersama Launching e-Warung Gotong Royong
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Bersama Launching e-Warung Gotong Royong

Kementerian Sosial bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Himpunan Perbankan Negara (Himbara) meluncurkan Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) di Kecamatan Johar Baru, Jakarta, Kamis (18/8).

Menkominfo Rudiantara yang hadir dalam acara dan menyampaikan sambutan bahwa ini merupakan sebuah kerja yang sudah lama dirancang oleh pihak telekomunikasi dan perbankan.

”Apabila bicara mengenai teknologi sebenarnya Program e-Warong ini sudah dibicarakan lama antara teman–teman telekomunikasi. Ini sudah menjadi dapur antara telekomunikasi dan perbankan memangujung-ujungnya manajemennya dan float-nya punya siapa?” tutur Rudiantara yang mendapat kesempatan yang keempat menyampaikan sambutan.

Menkominfo Rudiantara mengatakan walaupun teknologinya dikerjakan dari telekomunikasi dan seluler mereka tidak bisa mengambil uang. ”Saya yakinkan bahwa walaupun teman-teman seluler dan telekomunikasi membuat kreatifitas, uang tersebut tetap tersimpan di bank dan tidak punya float untuk mengambil uang tersebut,” kata Rudiantara.

e-Warong merupakan bagian dari KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Program Keluarga Harapan (PKH) pada Pilot Project Bantuan Sosial melalui Kartu Keluarga Sejahtera dengan Layanan Sistem Pembayaran Himpunan Bank Negara.

“Lupakan itu semua, tugas kita semua adalah melayani masyarakat dan bagaimana masyarakat kalangan ini bisa terentaskan dari kriteria ‘T’, dan yang penting masyarakat merasa bahagia,” tutur Menkominfo.

Menkominfo Rudiantara mengucapkan selamat atas peluncuran e-Warong ini dan berharap akan membahas lagi cara yang jauh lebih efisen dan juga transparan bagi masyarakat.

“Masyarakat tidak tidak perlu tahu teknologinya kayak bagaimana dan tidak perlu tahu uangnya dimana, akan tetapi masyarakat tahu dapat alokasi berapa untuk transaksi kebutuhan bahan pokok sehari-hari,” tandas Rudiantara.

Acara Launching e-Warong diawali sambutan Mensos Khofifah Indar Parawansa, kemudian Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur BI Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisionaris OJK Muliaman D Hadad dan sambutan Asisten Kesra Pemprov DKI Jakarta Fatahilah. Pada akhir acara dilakukan ujicoba proses transaksi kebutuhan pokok yang dilakukan warga disaksikan para menteri. (sak)