BNI Paling Piawai Cash Management 2016
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

BNI Paling Piawai Cash Management 2016

Survei yang dilakukan AsiaMoney kembali memberikan penghargaan kepada Bank BNI sebagai bank yang dapat memberikan layanan Cash Management terbaik di Indonesia. Pengakuan ini memposisikan BNI sebagai bank terbaik di Indonesia dalam memberikan layanan cash management yang fokus pada efisiensi maksimal di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan.

Perusahaan besar dan sedang di Indonesia yang berkesempatan mengikuti survei AsiaMoney tersebut menilai BNI sebagai bank penyedia layanan Cash Management yang mampu menyediakan produk pengelolaan uang paling efisien.

Efisiensi menjadi indikator penting bagi pelaku usaha di Indonesia dalam mengelola keuangannya sebagai upaya untuk memenangkan kompetisi dan bertahan dari kondisi perekonomian yang dinamis.

Melalui hasil survei AsiaMoney tersebut, BNI berhak mempertahankan gelar sebagai bank dengan layanan Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Large Corporates, Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Medium Corporates.

Serta 2nd Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Small Companies. BNI mempertahankan penghargaan ini sejak tahun 2010. Penghargaan ini diserahkan kepada Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto di Hong Kong, Rabu (21/9).

Menurut Suprajarto, para pelaku usaha di Indonesia makin menyadari kondisi perekonomian dapat bergerak cepat atau melambat. Kondisi perekonomian yang dinamis perlu disikapi dengan menekan biaya berbagai aspek yang memungkinkan, salah satunya melalui penggunaan produk Cash Management yang memberikan efisiensi biaya paling maksimal.

BNI menilai setiap klien menghadapi tantangan berbeda, dimana perusahaan kecil sangat membutuhkan efisiensi pada operasionalnya, meningkatkan imbal hasil usahanya, dan memaksimalkan penggunaan uang tunai dan modal kerja mereka.

Sementara bagi perusahaan medium dan besar cenderung berusaha mengelola jaringan pendukung usahanya, terutama dari para pemasoknya. Penghargaan untuk BNI sebagai Best Local Cash Management Bank in Indonesiatahun 2016 ini tidak terlepas dari kemampuan BNI memberikan produk Cash Management yang disesuaikan kebutuhan setiap kliennya yang berbeda.

Dengan penghargaan tersebut, BNI makin percaya diri memperkuat layanan Cash Management demi peningkatan layanan pada nasabah. Sebagai informasi, hingga 31 Agustus 2016, rekening giro institusi yang dikelola BNI mencapai saldo Rp 90 triliun atau naik 7 persen di atas perolehan pada periode yang sama 2015.

Kepercayaan terhadap layanan Cash Management BNI juga semakin meningkat dengan tumbuhnya jumlah rekening nasabah pengguna fasilitas itu. Per 31 Agustus 2016, jumlah rekening institusi yang mempercayakan dananya dalam layanan Cash Management BNI mencapai 243 ribu rekening, atau meningkat 15 persen dibandingkan jumlah per 31 Agustus 2015, mencapai 211 ribu rekening perusahaan/institusi.

BNI diunggulkan dalam layanan Cash Management karena terus meragamkan fitur-fitur unggulannya. Fitur layanan Cash Management BNI antara lain BNIDirect (Internet Banking), Solusi Pembayaran yang terintegrasi (Integrated Payment Solution), Virtual Account,Corporate Billing, Account Pooling, dan Supply Chain Management.

Serta BNI e-Tax yang menjadi salah satu unggulan yang paling diminati nasabah, dimana memberikan kemudahan, kecepatan proses, dan pengendalian terhadap pembayaran pajak, dan saat ini telah dikembangkan lebih lanjut dengan pembayaran pajak MPN Generasi 2.

Tentang Survei AsiaMoney
Majalah AsiaMoney beredar di sekitar 8.000 pelanggan di Asia. Distribusinya hanya terbatas pada pelanggan terdaftar, bukan pembaca umum atau yang biasa membeli surat kabar di agen koran atau majalah.

AsiaMoney menyelenggarakan survei khusus untuk menggali informasi terkait industri layanan Cash Management terkini. Survei ini melibatkan 1.493 lembaga keuangan dan 9.854 responden yang dianggap valid dari 9.028 perusahaan, sehingga menjadi yang terbesar dilakukan oleh sebuah majalah di kawasan Asia Pasific.

Survei ini sendiri dilakukan dengan menggali pendapat responden dan bukan menilai institusi perbankan secara tidak langsung melalui pemberitaan media massa.

Survei ditekankan pada penggalian persepsi nasabah tentang bank yang dinilai memberikan layanan Cash Management paling membantu, memiliki sistem yang unggul dimana tergambar dalam pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam survey tersebut.

Diantaranya mengenai inovasi yang dilakukan oleh bank, solusi yang terbaik dan unggul dan termasuk layanan purna jual atau after sales services.

Survei antara lain melibatkan 800 nasabah BNI yang memiliki rekening di lebih dari satu bank nasional. Berikutnya, AsiaMoney memilih acak sebagian nasabah tersebut tanpa sepengetahuan BNI sendiri.

Metodologi survei seperti itu membuat hasilnya fair dan murni, karena bank yang akan dinilai, tidak ikut dilibatkan.

Respon nasabah dalam memberikan survey meningkat. Di Indonesia terdapat 800 perusahaan yang memberikan kontribusi dalam survey. Dari hasil survey terungkap faktor-faktor yang menjadi pertimbangan utama para nasabah memilih bank yang mengelola dananya dalam layanan Cash Management.

Lima faktor utama yang menjadi pertimbangan nasabah lembaga keuangan adalah (1) keunggulan dari kemampuan melakukan integrasi dengan sistem akuntansi perusahaan, (2) solusi yang inovatif, (3) kualitas layanan nasabah, (4) biaya yang kompetitif, (5) keamanan, efisiensi transfer dana, dan sistem penanganan situasi darurat. (sak)