BUMN Luncurkan Marketplace Online
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

BUMN Luncurkan Marketplace Online

Kelompok perusahaan BUMN akan segera meluncurkan marketplace yang menghimpun produk-produk perusahaan pelat merah melalui sistem e-commerce. Pengelolaan marketplace tersebut akan dibawahi anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), yakni PT Rajawali Nusindo.

“Satu hingga dua bulan ini akan launching. Kami verifikasi dulu semuanya dan akan diujicobakan di internal. Kami ingin memastikan semua berjalan lancar,” tutur Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT RNI Agung P Murdanoto usai acara buka puasa bersama dengan direksi PT RNI di Jakarta.

Menurutnya, dari keseluruhan BUMN yang ada, sekitar 40 persen perusahaan pelat merah sudah tergabung dalam marketplace yang bernama www.pasarprodukbumn.com tersebut. Agung menuturkan marketplace ini juga bertujuan agar sinergi antar-BUMN semakin erat.

Ditambahkan sejauh ini pihaknya menargetkan marketplace tersebut bisa meraup Rp l0 miliar per bulan. Adapun, untuk mengembangkan marketplace akan dialokasikan dana Rp 5 miliar.

Berbeda dengan marketplace pada umumnya, marketplace BUMN tak melulu menjual produk yang sudah umum dijual secara online, seperti tiket kereta, pesawat, dan hotel, tapi juga menawarkan produk yang notabene belum banyak dipasarkan secara online.

“Bisa lebih dari itu, pembeli bisa membeli kayu Perhutani misalnya. Semuanya akan tersentuh. Kalau yang sehari-hari kita pakai itu penjualan berskala kecil,” ungkap Agung.

Sementara untuk mendukung penjualan dari sisi logistik PT RNI juga menggandeng BUKN lain seperti PT Pos Indonesia dan PT Bandha Ghara Reksa. (sak)