CIMB ASEAN Stock Challenge 2016 Digelar
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

CIMB ASEAN Stock Challenge 2016 Digelar

Untuk mencari pelaku jual-beli efek terbaik se-Asia Tenggara, CIMB ASEAN Stock Challenge 2016, kembali digelar. Dalam kometisi ini, CIMB menyiapkan hadiah uang tunai sebesar 38.000 dollar USD atau sekitar Rp 500 juta dan studi ke Hong Kong Stock Exchange bagi mahasiswa S1 dari Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Kamboja.

CIMB ASEAN Stock Challenge 2016 hadir dengan kompetisi yang lebih inovatif dan menantang. Hal ini dalam rangka menemukan talenta terbaik di bidang perdagangan saham dari seluruh kawasan ASEAN.

Tujuan diadakannya CIMB ASEAN Stock Challenge adalah agar mahasiswa mendapat kesempatan unjuk kebolehan berinvestasi di lingkungan perdagangan saham sewaktu (real-time).

Kompetisi tersebut juga membuka peluang bagi investor generasi mendatang untuk menghasilkan keuntungan berdasarkan riset mendalam tentang perusahaan terbuka di berbagai industri, baik yang beroperasi di negara mereka sendiri maupun di negara-negara lain di kawasan ini.

Group Chief People Officer CIMB Group Hamidah Naziadin menjelaskan dalam ajang unik ini para investor muda melakukan jual-beli saham di lima bursa saham utama di Asia Tenggara. Yakni Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia, Singapore Exchange, The Stock Exchange of Thailand, dan The Hong Kong Stock Exchange.

”Standar CIMB ASEAN Stock Challenge tahun ini ditingkatkan. Pada babak nasional, mahasiswa bersaing satu sama lain di negara masing-masing pada 10-28 Oktober berbekal modal virtual sebesar 80.000 dollar USD,” kata Hamidah dalam siaran pers di Malaysia, Selasa (20/9).

Tiga peserta teratas yang membukukan imbal hasil investasi terbesar pada akhir periode perdagangan, tambah Hamidah, akan dinilai berdasarkan makalah strategi mereka. Tim yang makalah strateginya paling baik akan dinobatkan sebagai Juara Nasional di negara mereka.

”Juara Nasional akan menerima 800 dollar USD dan Juara Kedua 500 dollar USD. Sementara Juara Ketiga memperoleh 400 dollar USD. Mereka semua juga akan diberi kesempatan magang di CIMB Group,” ujarnya.

Juara Nasional dari kelima negara selanjutnya akan bertarung memperebutkan gelar Juara Regional di Singapura pada Januari 2017. Ada ketentuan tambahan pada ajang tahun ini, yakni akan dilakukan penilaian kembali atas imbal hasil investasi pada portofolio para Juara Nasional untuk menentukan seberapa bagus investasi mereka seiring berjalannya waktu.

”Kriteria penjurian ditingkatkan supaya terbentuk pola pikir peserta bahwa mereka perlu melakukan riset dan memilih saham dengan fundamen yang bagus. Dengan begitu kemampuan mereka akan benar-benar teruji sehingga dapat membedakan mana saham yang bisa menghasilkan keuntungan jangka menengah hingga jangka panjang, dan tidak mengambil saham hanya demi memperoleh keuntungan jangka pendek,” tutur Hamidah.

Masih ada ketentuan lain dalam kompetisi kali ini, termasuk analisis saham langsung, yaitu kontestan diberi data historis lima stok untuk mereka analisis dan mereka harus memutuskan saham mana yang menghasilkan keuntungan terbesar. Ada pula presentasi strategi oleh tim sebelum juri memutuskan siapa yang berhak menjadi Juara Regional.

Juara Regional akan membawa pulang hadiah uang tunai 12.000 dollar USD dan perjalanan ke Hong Kong Stock Exchange. Juara Kedua akan memperoleh hadiah 8.000 dollar USD, Juara Ketiga 5.000 dollar USD, Juara Keempat 3.000 dollar USD dan Juara Kelima 1.500 dollar USD. Indo detil tentang lomba ini bisa dilihat di https://stockchallenge.itradecimb.com. (sak)