Danamon Peduli Resmikan Pasar Dampingan
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Danamon Peduli Resmikan Pasar Dampingan

Yayasan Danamon Peduli meresmikan pasar dampingan untuk Program Pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) di Pasar Pandansari, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Peresmian ini sekaligus menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat sebagai upaya mempromosikan pasar tradisional.

”Peresmian program Pasar Sejahtera di Pasar Pandansari merupakan kelanjutan dari komitmen kami merevitalisasi pasar rakyat dengan memberdayakan pelaku pasar. Dalam hal ini, kami berkerjasama dengan pemerintah dan otoritas setempat,” kata Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi, dalam siaran persnya akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, skema public-private partnership menjamin kesinambungan dari program ini. Danamon Peduli sengaja mengambil momentum mengisi kemerdekaan RI dengan cara mewujudkan pasar rakyat yang bersih dan nyaman.

”Dengan demikian, pasar rakyat akan mendapatkan tempat di hati masyarakat. Sebab, pada hakekatnya pasar mencermikan karakter bangsa Indonesia,” jelasnya.

Adapun dukungan yang sudah Danamon Peduli lakukan di Pasar Pandansari diantaranya pembangunan instalasi pembuangan air limbah, pemberian gerobak motor sampah, dan pemberian alat pemadam api ringan (APAR).

Sedangkan untuk peningkatan kapasitas komunitas pasar, telah dilakukan pelatihan mitigasi bencana kebakaran, pelatihan pengelolaan keuangan usaha dan keluarga, pelatihan kader kesehatan dan keselamatan kerja, serta kegiatan Festival Pasar Rakyat.

Festival Pasar Rakyat, tambah Restu, menjadi salah satu kegiatan utama Danamon Peduli 2016. Pada tahun ini Danamon Peduli memiliki anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk mendukung kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) tersebut.

Restu menerangkan, Program Pasar Sejahtera ini sudah berlangsung sejak 2010. Hingga saat ini terdapat sembilan pasar percontohan Pasar Sejahtera. Antara lain, Pasar Ibuh-Payakumbuh Sumbar, Pasar Tejoagung Metro Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka Jabar, Pasar Bunder-Sragen Jateng, Pasar Grogolan-Pekalongan Jateng dan Pasar Karangwaru Jogja.

Lalu di jatim ada Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo, Pasar Kemuning-Pontianak Kalbar, Pasar Lambocca Bantaeng, Sulsel dan Pasar Pandansari Balikpapan Kaltim. Dari jumlah tersebut, tiga pasar yaitu Pasar Sindangkasih, Pasar Semampir dan Pasar Kemuning sudah diserahterimakan kepada pemerintah setempat.

Semangat Danamon Peduli dalam mengembangkan pasar rakyat di Indonesia, menjadi komitmen bersama Danamon. Hal ini tergambar melalui lini bisnis Danamon yaitu Simpan Pinjam yang bergerak di sektor pembiayaan usaha mikro.

Direktur Perbankan Mikro Danamon, Satinder Pal Singh Ahluwalia menjelaskan bahwa pentingnya fungsi pasar di dalam perekonomian mendorong Danamon Simpan Pinjam menempatkan para pedagang pasar sebagai mitra usaha strategis.

”Dengan pengalaman 12 tahun bermitra bersama para pedagang pasar, kami sadar bahwa fungsi melalui Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyentuh para pedagang pasar sebagai nasabah, namun juga membantu mereka menjadi pengusaha mikro yang sukses,” ujar Satinder. (sak)