Depot BBM Harus Punya Buffer Zone
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Depot BBM Harus Punya Buffer Zone

Depot BBM merupakan area berbahaya yang disekililingnya terdapat zat-zat yang mudah terbakar karenanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka diperlukan zona penyangga (buffer zone) yang cukup disetiap depot-depot bahan bakar minyak (BBM).

“Setiap depot harus mempunyai buffer zone yang cukup untuk safety untuk keamanan dan juga untuk keamanan lingkungan,” kata Menteri ESDM Sudirman Said saat meninjau kesiapan pasokan BBM di terminal BBM, Plumpang, Jakarta.

Karena depot itu area yang berbahaya, pemerintah lanjut Sudirman akan mendorong agar lahan sekeliling bisa dibebaskan agar depot BBM memiliki sabuk pengaman. “Buffer zone-buffer zone itu bisa dimanfaatkan sebagai area penghijauan,” tambah Sudirman.

Buffer zone merupakan bagian dari aspek HSSE (health, safety, security, environment) di sekitar wilayah tangki timbun yang rentan dengan risiko kebakaran.

Terminal BBM Plumpang membutuhkan adanya zona aman yang lebih memadai karena jarak pemukiman warga dengan depot terlalu dekat dikhawatirkan dapat membahayakan masyarakat. (sak)