Dermaga APBN di Boom Marina Banyuwangi
JALAN-JALAN PERISTIWA

Dermaga APBN di Boom Marina Banyuwangi

The New Paradise of Indonesian Tourism sejatinya merupakan ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Banyuwangi dengan berbagai potensi wisata mengagumkan sehingga menarik wisatawan asing dan domestik untuk menikmati pesonanya.

Hal ini dibuktikan dengan kedatangan perdana kapal pesiar MS Silver Discoverer yang bersandar melalui Pelabuhan Tanjung Wangi.

Kedepannya tidak menutup kemungkinan Boom Marina Banyuwangi menjadi kawasan wisata marina kebanggaan kota Banyuwangi yang melayani rute untuk yacht, nantinya juga akan menyediakan fasilitas untuk kapal pesiar.

Pantai Boom sebagai area yang dikembangkan menjadi Boom Marina Banyuwangi terdapat dermaga yang dibangun menggunakan dana APBN oleh Pemprov Jatim yang rencananya akan dikerjasamakan dengan Pelindo III melalui unit kerjanya yaitu PT Pelindo Properti Indonesia.

“Rencananya kami akan bekerjasama membuat dermaga APBN ini untuk sandar kapal pesiar di wilayah Boom Marina Banyuwangi,” ungkap CEO PT Pelindo Properti Indonesia Prasetyo.

Dalam keterangannya, Prasetyo menyampaikan bahwa ijin prinsip dan ijin pendukung lainnya telah didapat oleh PT Pelindo Properti Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sangat men-support pembangunan Pelabuhan Wisata ini, tinggal menunggu waktu saja,“ jelas Prasetyo.

“Saat ini pembangunan Boom Marina Banyuwangi telah mencapai tahap pembangunan dinding penahan tanah dermaga marina, sedangkan untuk pembangunan tahap satu area ecopark di Pulau Wangi sudah mencapai pembangunan fisik 40 persen,” imbuhnya.

Harapannya pada tahun 2017 akan dilaksanakan Sail to Banyuwangi yang merupakan rangkaian dari Sail Indonesia.

Event ini merupakan event besar dengan peserta dari berbaga nergara diantaranya Australia, Singapura, Thailand dan Malaysia yang rencana pelaksanaannya sedang didiskusikan dengan Kementerian Pariwisata. (sak)