Dipilih Logo dan Maskot Asian Games Baru
OLAHRAGA PERISTIWA

Dipilih Logo dan Maskot Asian Games Baru

Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang, logo Bersketsa Grafis GBK dan Maskot Bhin-Bhin, Ika dan Atung akhirnya dipilih menjadi indentitas resmi Asian Games 2018.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama Kepala Staf Presiden (KSP) Teten Masduki, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, dan Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade INdonesia (KOI) Mudai Maddang didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S Dewa Broto, Kamis (28/7) siang mengumumkan pemenang sayembara logo dan maskot Asian Games 2018 di Kantor Staf Presiden Jakarta.

Kepala Staf Presiden Teten Masduki kepada wartawan menyampaikan bahwa Presiden ingin memanfaatkan dan menggunakan ajang Asian Games 2018 ini sebagai ajang promosi Indonesia promosi investasi, perdagangan, produk-produk kreatif dan sekaligus juga sebagai promosi wisata.

“Kantor Staf Kepresiden saat ini juga mempersiapkan strategi untuk melakukan nation branding, kita akan menggunakan Asian Games 2018 sebagai Kick off dalam pencangan nation branding tersebut, ” ujar Teten.

“Asian Games menjadi even penting bagi kita, karena diplomasi Indonesia saat ini adalah diplomasi dagang, dalam situasi ekonomi global yang belum menentu ini, kita perlu terus mempromosikan Indonesia supaya menjadi tujuan investasi, ” katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, logo atau identitas Asian Games 2018 tersebut menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia.

Serupa dengan peristiwa saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke IV tahun 1962, maka dengan logo baru ini, Indonesia sebagai tuan rumah siap menunjukkan jati diri kepada dunia melalui penyelenggaraan dan prestasi yang sukses.

“Logo baru ini dipilih melalui sayembara secara terbuka yang digelar Bekraf, pemerintah mendengar banyak masukan dari masyarakat untuk mengganti logo sebelumnya yang bergambar untaian bulu burung Cenderawasih, selain itu kami juga akan bekerjasama dengan Bekraf untuk membuat desain logo Asian Youth Games yang akan dislenggarakan di Indonesia pada 2017 mendatang, ” ujarnya.

Kepala Bekraf Triawan Munaf, sebelum mengumumkan hasil sayembara menyampaikan bahwa desain grafis yang diluncurkan bukan sekedar logo dan maskot, tapi menjadi sistem indentitas tentang sebuah merek baru perhelatan olahraga kelas dunia yang akan diikuti negara-negara Asia.

Feat Studio adalah pemenang dari sayembara Logo baru Asian Games 2018 yang menggambarkan sketsa grafis tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang dipadukan dengan sketsa delapan pintu stadion. Di bagian tengah disusupi gambar matahari yang merupakan logo Asian Games.

“Kami mengacu pada tema sayembara yaitu The Energy of Asia. Kami terinspirasi semangat Bapak Bangsa Soekarno yang membangun kompleks olahraga Gelora Bung Karno dan beberapa bangunan lain untuk penyelenggaraan Asian Games 1962,” kata pemenang sayembara logo dan maskot Asian Games 2018 Jefferson Edri.

Selain logo baru, juga telah dipilih 3 maskot Asian games 2018 yang terdiri dari 3 satwa di Indonesia yaitu burung Cendrawasih yang diberi nama Bhin Bhin mewakili Indonesia bagian timur, badak bercula satu yang diberi nama Ika yang mewakili Indonesia bagian barat, dan Rusa Bawean yang diberi nama Atung yang mewakili Indonesia bagian tengah. (sak)