Disiapkan 32 SPBU Khusus Motor di Pantura
PERISTIWA

Disiapkan 32 SPBU Khusus Motor di Pantura

Pertamina menyiapkan 32 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) transit untuk sepeda motor di sepanjang jalur mudik Pantura. SPBU transit ini diberlakukan mengingat volume pemudik menggunakan kendaraan roda dua terus meningkat tiap tahunnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, dengan adanya SPBU ini akan menjadi pemisah antara kendaraan roda dua dan roda empat hingga tidak terjadi penumpukan saat pengisian bahan bakar.

“Di jalur Pantura kami siapkan SPBU transit khusus sepeda motor. Sepanjang Pantura sekitar 32 SPBU, ada SPBU transit di Pantura, khusus sepeda motor,” kata Wianda kepada media di Jakarta, Rabu (29/6).

Wianda mengharapkan pemudik yang menggunakan motor tidak perlu mengantre dengan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat. Karena, sudah disiapkan SPBU khusus motor yang tersebar mulai Indramayu hingga Bekasi. “Khusus motor itu mulai wilayah Indramayu, Cirebon, Karawang, Subang, Bogor dan Bekasi,” sebut Wianda.

Di lain sisi, Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Andy Noorsaman Sommeng dalam konferensi persnya mengatakan sudah bekerjasama dengan Pertamina untuk menyiapkan segala keperluan mudik Lebaran 2016. Termasuk mengawasi penyediaan dan pendistribusian BBM untuk menjamin pasokan BBM sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H.

“Pertamina siapkan titik-titik SPBU transit untuk sepeda motor. Ini karena memang jalur mudik juga banyak pengendara sepeda motor. Sehingga harus ada pemisahan,” ujar Andy.

Berdasarkan data Pertamina, estimasi stok BBM dan elpiji selama Lebaran untuk premium sebesar 1.302.485 kiloliter (kl) atau 17 hari, solar sebesar 1.672.234 kl atau 28 hari, pertamax sebesar 340.395 kl atau 25 hari, pertalite sebesar 89.658 kl atau tujuh hari, avtur sbesar 336.734 kl atau 25 hari, dan elpiji 326.802 metrik ton atau 17 hari. (sak)