Dukung Morotai, Bangun Homestay di Dodola
JALAN-JALAN PERISTIWA

Dukung Morotai, Bangun Homestay di Dodola

Sebagai upaya mendukung pengembangan pariwisata Morotai di Provinsi Maluku Utara, Bank BTN siap membangun homestay disana. Tepatnya di Pulau Dodola yang memiliki laut jernih dan pantai berpasir putih.

Direktur Utama BTN Maryono mengungkapkan, keberadaan homestay di Pulau Dodola akan membuat semakin banyak turis asing yang datang. Apalagi saat ini sudah ada penerbangan langsung dari Manado ke Morotai.

“Ini harus dikembangkan dengan infrastruktur yang menunjang,” kata Maryono seusai memberikan bantuan sarana dan prasana air bersih serta MCK di Desa Kolorai, Kabupaten Morotai Maluku Utara.

Bantuan tersebut diberikan dalam rangka program BUMN Hadir untuk Negeri. Maryono mengungkapkan, sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) dan ditetapkan sebagai salah satu 10 destinasi pariwisata Indonesia, Morotai memiliki potensi untuk berkembang.

Namun infrastruktur yang ada belum bisa mendukung potensi tersebut. Karena itu dirinya mengajak BUMN lain dan para investor untuk ikut mengembangkan kawasan wisata tersebut. “BTN akan menjembatani hal ini,” ujarnya menambahkan.

Dalam kesempatan sama, Bupati Morotai Weni Paraisu menyatakan sedikitnya dibutuhkan investasi sebesar Rp 100 miliar untuk mengembangkan potensi wisata di Morotai, seperti Pulau Dodola.

Namun kebutuhan dana tersebut hanya sebatas untuk pembangunan homestay dan cotage ataupun hotel, belum memperhitungkan infrastruktur pendukung lainnya.

“Infrastruktur yang kami butuhkan adalah penyediaan air bersih dan listrik. Kami terus berupaya mengadakan itu. Semoga pemerintah pusat mau mendengarkan hal ini,” ucapnya.

Surga dari Maluku Utara
Pulau Dodola layak disebut sebagai surga. Cantik dan sangat indah. Kecantikan pulau tak berpenghuni ini akan membuat bertekuk lutut. Keindahannya akan membuat diam dan terus menggaguminya.

Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju Daruba, dan dilanjutkan dengan menggunakan seedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit. Pulau Dodola sebenarnya terbagi 2, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil.

Keindahan kedua pulaunya tidak berbeda jauh. Pasir pantainya sangat putih dan sehalus bubuk, dijamin betah berlama-lama berjemur di pinggir pantainya. Pemandangan lautnya yang hijau, jernih dan kebiru-biruan, akan menambah rasa kagum.

Uniknya, jika sedang surut, kedua pulau ini terhubung pasir putih. Ya, pasir putih tersebut seolah jembatan tersembunyi. Sungguh luar biasa dan sangat cantik sekali! Kita dapat berjalan di atas pasirnya selama 5 menit untuk menyeberang. Ditambah birunya laut di kanan dan kiri Anda, sungguh tak akan terbayangkan.

Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkling dan diving. Keindahan bawah lautnya tidak kalah menawan, tercatat ada 13 titik penyelaman di tempat ini. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa kapal dan pesawat perang yang karam. Sebab, Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan sekutu pada Perang Dunia 2. (sak)