Dukung Pengintegrasian LAPOR!
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Dukung Pengintegrasian LAPOR!

Para kepala daerah diminta mendukung program prioritas nasional dalam pengelolaan pengaduan publik ditindaklanjuti dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Kepala daerah yang dimaksud mulai dari gubernur, bupati dan walikota.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) No. 4 Thn 2016, tentang Pengintegrasian Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik secara Nasional bagi Pemda ke dalam Aplikasi LAPOR! – Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Melalui SE tersebut, Menteri minta komitmen gubernur, bupati dan walikota mendukung program tersebut, termasuk pengembangan sumber daya manusia dan sarana pendukungnya.

Bagi pemda yang pengelolaan pengaduannya belum terintegrasi dalam aplikasi LAPOR! – SP4N, diminta agar paling lambat pada 31 Agustus 2016 menyampaikan penetapan Tim Pembina dan menunjuk Tim Admin, serta menunjuk pejabat penghubung. “Penetapan itu dalam bentuk Keputusan Gubernur, Bupati atau Walikota,” ungkap Menteri dalam SE tersebut.

Bagi pemda yang belum terintegrasi dengan aplikasi LAPOR!-SP4N, tetapi telah mempunyai aplikais sendiri, tetap dapat menggunakan aplikais tersebut dan diintegrasikan ke dalam aplikasi LAPOR!-SP4N. Sedangkan yang belum mempunyai aplikasi dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik di daerahnya, diminta menggunakan LAPOR!-SP4N.

Menteri minta para Gubernur mengkoordinasikan pemerintah kabupaten/kota di lingkungan provinsinya dalam melaksanakan surat edaran ini. Bagi yang akan berkonsultasi lebih lanjut mengenai implmentasi SE ini, diminta menghubungi Tim SP4N melalui hotline (021) 7398455 atau lapor@menpan.go.id.

Pengintegrasian LAPOR!-SP4N merupakan salah satu perwujudan dalam pelaksanaan UU No 25 Thn 2009 tentang Pelayanan Publik, yang diatur lebih lanjut dalam Perpres No 76 Thn 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.

Perpres tersebut dijabarkan lebih lanjut ke dalam PemenPANRB No 24 Thn 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik secara Nasional, dan PermenPANRB No 3 Thn 2015 tentang Roadmap Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.

Sebagai tindak lanjutnya, Kementerian PANRB bersama Kantor Staf Presiden (KSP) dan Ombudsman RI pada 14 Maret 2016, sepakat memanfaatkan sistem aplikasi LAPOR! sebagai sistem pengelolaan pengaduan playanan publik nasional (SP4N). (sak)