E-Nota Pelindo III Mudahkan Transaksi
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

E-Nota Pelindo III Mudahkan Transaksi

Pelindo III terus berinovasi guna memberikan kemudahan layanan transaksi jasa kepelabuhanan bagi seluruh pengguna jasa Pelindo III demi meningkatkan pelayanan yang prima salah satunya dengan adanya aplikasi E-Nota.

E-Nota merupakan suatu inovasi dan layanan pengembangan Pelindo III berupa aplikasi yang didesign secara khusus untuk melayani transaksi penerbitan nota layanan jasa kepelabuhanan secara elektronik di Portal Anjungan Pelindo III.

Fungsi aplikasi E-Nota adalah sebagai salah satu strategi memudahkan para pengguna jasa di lingkungan Pelabuhan Tanjung Wangi untuk dapat mengetahui jumlah biaya jasa kepelabuhanan secara real time.

Dengan demikian, pengguna jasa tidak perlu menunggu proses penerbitan nota tagihan secara manual oleh Pelindo III. Selain itu pengguna jasa juga dapat mengakses aplikasi E-Nota ini selama 24 jam non stop, kapanpun dan dimanapun berada, sehingga dapat menciptakan efisiensi dalam layanan yang diberikan Pelindo III.

“Aplikasi E-Nota dapat diakses melalui website http://anjungan.pelindo.co.id,” ujar Manager Keuangan Pelindo III Cabang Tanjung Wangi, Ahsan Fahruzi, saat menyampaikan paparan implementasi E-Nota bertempat di Hall Hotel Ketapang Indah Banyuwangi, pekan lalu.

Ahsan Fahruzi menjelaskan program E-Nota juga telah diberlakukan di beberapa Pelabuhan Cabang Pelindo III. Dalam pelaksanaanya, implementasi produk layanan Pelindo III Manajemen Cabang Tanjung Wangi senantiasa terus melakukan edukasi dari berbagai program promosi layanan agar pengguna jasa terus meningkatkan dan memanfaatkan layanan jasa kepelabuhanan yang disediakan Pelindo III.

“Melalui implementasi E-Nota, kami berharap dapat merangsang pengguna jasa untuk bertransaksi secara elektronik, sehingga pengguna jasa di lingkungan Pelabuhan Tanjung Wangi dapat memberikan support terhadap Program ERP Pelindo III yang akan go live pada tanggal 1 Januari 2017 mendatang,” ungkap Ahsan Fahruzi.

“Selain E-Nota, Portal Anjungan Corporate akan bisa mengakses sistem Estimasi Perhitungan Biaya (EPB), dimana para pengguna jasa dapat melakukan pembayaran melalui kode bayar (virtual account) ke bank yang telah bekerja sama dengan Pelindo III dan juga pengajuan permintaan pelayanan kapal dan barang,” imbuhnya saat menutup paparan.

Pembayaran Jasa Kepelabuhanan
Seperti diketahui pembayaran jasa kepelabuhanan saling berkaitan dengan aplikasi E-Nota. Untuk itu dalam kesempatan sama juga dilaksanakan sosialisasi pembayaran jasa kepelabuhanan oleh bank BUMN dan BUMD yang telah bekerjasama dengan Pelindo III yaitu BNI 46 dan Bank Jatim.

“Melalui E-Nota, pengguna jasa dapat memperoleh kode bayar. Kode bayar inilah yang memudahkan pengguna jasa untuk melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi pembayaran pada bank secara cash payment atau non cash payment pada bank yang ditunjuk oleh Pelindo III yakni BNI 46 dan Bank Jatim,” ungkap Ambar, perwakilan Bank Jatim Surabaya.

Ambar juga menjelaskan setiap pengguna jasa Pelabuhan Tanjung Wangi yang sudah memiliki rekening Bank Jatim dapat melaksanakan pembayaran jasa kepelabuhanan baik melalui transaksi elektronik melalui aplikasi Host to Host (H2H) ataupun pembayaran secara tunai ke counter atau via ATM dengan kode bayar Bank Jatim terdekat.

Selain Bank Jatim, turut hadir perwakilan BNI 46 Cabang Banyuwangi untuk memaparkan proses pembayaran melalui aplikasi BNI Direct. “Melalui transaksi elektronik dengan menggunakan BNIdirect, para pengguna jasa dimudahkan dalam pembayaran yang telah mendapat kode bayar dari Pelindo III sehingga lebih cepat dan efektif,” ujar Khusnul, Manager Marketing BNI 46 Cabang Banyuwangi.

Customer Award 2016
Sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jasa di lingkungan Pelabuhan Tanjung Wangi. Pelindo III menyelenggarakan penganugrahan penghargaan bagi pengguna jasa di wilayahnya. Acara customer award ini telah dilaksanakan setiap tahunnya di Tanjung Wangi. Untuk periode Tahun 2016, Manajemen cabang Tanjung Wangi menetapkan 4 (empat) kategori pemenang.

Pengguna jasa yang terpilih sebagai pemenang di lingkungan Pelabuhan Tanjung Wangi adalah PT Djakarta Lloyd sebagai perusahaan pelayaran dengan kategori Kontribusi Terbaik Tahun 2016.

PT Adhiguna Putera sebagai perusahaan perusahaan pelayaran dengan kategori Tertib Administrasi dan Keuangan Terbaik Tahun 2016, sedangkan PT Bromo Transindo sebagai perusahaan selaku pemilik barang dengan kategori Kontribusi Terbaik Tahun 2016.

Dan yang terakhir adalah PT Bromo Transindo sebagai perusahaan selaku pemilik barang dengan kategori Tertib Administrasi dan Keuangan Terbaik Tahun 2016.

“Penilaian pemenang masing masing kategori berdasarkan beberapa aspek, diantaranya aspek kunjungan kapal dan kontribusi serta aspek ketertiban dalam penyelesaian administrasi keuangan,” ungkap Manager SDM, Umum dan Kesisteman Pelabuhan Tanjung Wangi, Fernandes Antoni Ginting.

Ginting mengungkapkan, bahwa selain beberapa aspek tersebut, tahun 2016 ini Pelindo III juga menilai ketaatan pengguna jasa dalam keikutsertaannya mendukung program Pelindo III terkait pemberlakukan SMK3 di lingkungan Pelabuhan Tanjung Wangi. (sak)