Facebook Bantu Pelaku Usaha Go Global
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Facebook Bantu Pelaku Usaha Go Global

Langkah nyata dilakukan Facebook mendukung program pemberdayaan ekonomi perempuan yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi Surabaya. Ini menyusul digelarnya pelatihan bertajuk ‘Mendorong Produk Lokal Berkualitas Global bersama Pahlawan Ekonomi dan Tata Rupa Part II’ di lantai 1 Spazio, Surabaya, Jumat (2/9).

Kegiatan yang diikuti 250 pelaku usaha perempuan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan tahap pertama yang digelar di Graha Sawunggaling Surabaya, 6 Agustus 2016 lalu.

Pelatihan ini dihadiri Head of SMB Master of Development Facebook Indonesia Waizly Darwin, Senior Associate Consultant to Facebook Diana Soedardi-Betts, Intan Mahardini (owner Selempang Butik), dan Andrea Sharon (owner Lareira).

Waizly Darwin menyampaikan beberapa fakta tentang pentingnya para pelaku UKM untuk lebih aktif memasarkan produknya di online. Salah satunya lewat Facebook yang kini telah miliki layanan khusus untuk pelaku usaha, yakni Facebook Business Pages.

“Mengapa harus Facebook? di Indonesia platform ini digunakan 88 persen pengguna internet. Menurut survey terbaru, dari 100 juta pengguna internet di Indonesia, 88 juta diantaranya pengguna facebook,” jelasnya.

Waizly lalu menuturkan, sehari rata-rata membuka Facebook sebanyak 14 kali. “Apa artinya ini? Bagi para bunda yang tergabung di Pahlawan Ekonomi, ini semua adalah peluang. Karena itu, Facebook mendekat dan mengajak para pelaku usaha di Pahlawan Ekonomi untuk bersama-sama menjadi pemenang,” terang Waizly.

Untuk itu, Waizly mengajak pelaku usaha aktif. “Berpikir luas bahwa peluang besar ada di luar sana. Dan, itu harus kita dimanfaatkan,” tandas dia.

Sementara, Diana Soedardi memberikan sejumlah tips bagi para perempuan wirausaha yang memulai usaha. Pertama, dengan membangun kepercayaan diri. Menurut ibu tiga anak yang bermukim Australia ini, para perempuan Indonesia dikenal miliki kualitas dan kreativitas hebat namun kerap kurang percaya diri. “Kita Harus yakin dengan produk yang dibuat atau ditawarkan,” jelasnya.

Kedua, pelaku usaha harus sadar jika sukses adalah sebuah proses. “Semua hasil besar, selalu diawali dengan langkah kecil. Mimpi global harus dimulai dari langkah kecil yang diambil,” papar Diana.

Ketiga, para pemula harus miliki sifat haus ilmu dan pengetahuan baru. “Gali sebanyak mungkin pengetahuan baru. Salah satunya lewat Pahlawan Ekonomi seperti kita sekarang ini. Ini adalah proses belajar,” ujarnya.

Tips lainnya adalah belajar mendelegasikan, memgembangkan koneksi, tetaplah terhubung, dan yakini apa yang kita lakukan.

Humas Pahlawan Ekonomi Agus Wahyudi menuturkan, ke-250 pelaku usaha yang ikut pelaktihan ini merupakan kelompok unggul. Dimana memiliki keunggulan produk, kesungguhan berusaha, dan kapasitas produksi. “Ada 90 produk yang sudah di tata rupa dan sudah dipasarkan di mal dan ritel modern,” ungkap Yudi.

Ia menambahkan, pelatihan Facebook ini juga akan mendongkrak penjualan produk pelaku usaha Pahlawan Ekonomi lewat dunia digital. “Target kita, tahun ini ada seribu pelaku usaha yang sudah melek digital yang mampu menjalankan bisnus secara online,” pungkasnya. (sak)