Fasilitasi UKM, Telkom Luncurkan Blanja.com
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Fasilitasi UKM, Telkom Luncurkan Blanja.com

Untuk memfasilitasi pelaku usaha kecil menengah (UKM) binaan perusahaan milik negara, PT Telkom Indonesia meluncurkan situs blanja.com. Selain sebagai pasar digital bagi produk-produk ritel dan UKM, gerai online ini juga merupakan komitmen Telkom mewujudkan sinergi BUMN.

Direktur Digital and Strategic Portfolio Telkom, Indra Sutoyo dalam acara IBDEXPO 2016 di Jakarta, Sabtu (11/9), mengatakan saat ini, yang sudah bergabung dengan blanja.com diantaranya Pertamina Lubricants, BULOG, Kimia Farma, Pupuk Indonesia, dan beberapa perusahaan BUMN lainnya.

Dijelaskan, produk retail dari BUMN itu sendiri seperti Telkom Indonesia, PNM (Permodalan Nasional Madani), Jasa Raharja dan Pertamina, juga memiliki banyak mitra binaan UKM masing-masing yang telah menyediakan produk-produk unggulannya.

Selain menghadirkan produk BUMN dan UKM BUMN, blanja.com juga dipercaya memberikan pelatihan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada mitra binaan UKM BUMN tersebut. Saat ini, produk UKM binaan BUMN sudah mencapai hingga 2.600 produk.

“Sinergi BUMN yang telah diwujudkan, akan memperkuat ekosistem e-commerce di Indonesia, sejalan dengan tekad membangun masyarakat digital Indonesia,” ujar Indra.

CEO blanja.com Aulia E Marianto menerangkan pihaknya akan terus mengajak lebih banyak lagi pelaku UKM, khususnya UKM yang menjadi mitra binaan BUMN karena platform e-commerce bisa menjadi jembatan bagi mereka bersaing secara global.

“Blanja.com konsisten dengan model bisnis open marketplace dengan dukungan Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan eBay sebagai pemain e-commerce raksasa dunia,” kata Aulia.

Ditambahkan hingga Agustus 2016 lebih dari 7.300 penjual yang telah bergabung dan 80 persen diantaranya merupakan pemain UKM lokal, baik secara personal maupun perusahaan kecil.

“Blanja.com menawarkan kemudahan bagi BUMN dan para pelaku UKM menuju penjualan digital melalui e-commerce dan solusi telekomunikasi di dalamnya termasuk penyediaan akses data, solusi bisnis dan pengembangan bisnis,” imbuhnya. (sak)