Festival Nongkojajar: Antara Apel dan Susu
JALAN-JALAN PERISTIWA

Festival Nongkojajar: Antara Apel dan Susu

Potensi Nongkojajar, Kecamatan Tutur dimanfaatkan betul oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk menarik wisatawan. Pada 27 Agustus 2016 dilangsungkan Festival Nongkojajar, bagian dari rangkaian peringatan HUT Kabupaten Pasuruan ke-1087.

Pemkab Pasuruan akan menggelar Pawai Tumpeng Apel dan Tangki Susu, dimana sebanyak 1.087 warga akan membawa tumpeng buah apel khas Nongkojajar, serta 1.087 warga membawa tangki susu.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengatakan, event tersebut akan mencetak Rekor MURI untuk pembawa tangki susu dan tumpeng apel terbanyak se-Indonesia, di mana selain 1.087 warga, sebanyak 8.000 orang juga mengikuti jalan sehat yang dilaksanakan sejak pagi hari hingga selesai.

“Pawai Tumpeng Apel dan Tangki Susu adalah salah satu rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1087, jadi pas sekali dengan jumlah warga yang membawa keduanya. Untuk itu, saya mengajak semua wisatawan untuk menyaksikan Pawai ini,” kata Gus Irsyad di sela-sela kesibukannya, Senin (22/08).

Lebih lanjut Gus Irsyad menambahkan, pawai akan dimulai sekitar pukul 07.00 dengan mengambil start di Desa Wonosari dan finish di Lapangan Tutur. Untuk mensukseskan acara tersebut, pihaknya telah mengerahkan semua elemen, mulai dari pengamanan hingga partisipasi masyarakat sekitar Tutur.

“Sekali lagi, saya mengundang semua wisatawan se-Indonesia berbondong-bondong datang ke Kabupaten Pasuruan mulai Agustus ini, karena banyak sekali agenda menarik yang siap ditonton. Pokoknya rugi kalau tidak datang ke Kabupaten Pasuruan,” imbuhnya.

Kabupaten Pasuruan memperingati hari jadinya setiap tanggal 18 September. Tahun ini hari jadi ke-1087. Banyak rangkaian kegiatan yang bakal digelar. Pemkab Pasuruan menjadikan momen hari jadi itu tahun 2016 ini sebagai kebangkitan wisata Pasuruan. Info detil bisa dilihat di www.pasuruankab.go.id. Beberapa event wisata yang sudah dirancang, antara lain:

– Reggae to Bromo di Tosari 27 Agustus
– Gowes to Tretes di Prigen 28 Agustus
– Pacuan Kuda Bupati Cup di Cobanjoyo Kejayan 3-4 September
– Bromo Marathon di Tosari, 3-4 September
– Pasuruan Fashion Carnival di Bangil 14 September
– Pasuruan Art and Culture di Taman Candra Wilwatikta 24 September (Rekor MURI menyanyi massal Pasuruan Gumuyu 10.087 orang)
– Sunrise Trail Adventure di Puspo Tosari 25 Sept
– Festival Makanan Tradisional di Taman Candra Wilwatikta 15 Oktober
– Parade Layang-Layang di Lautan Pasir Bromo 15 Oktober (*)
– Bromo on Fire di Raci-Bromo-Pandaan 15 Oktober
– Jazz Tretes (Kla Project) di Finna Golf 22 Oktober
– Golf Bupati Charity Cup di Finna Golf 23 Oktober
– Safari Cycling Wild di Taman Safari II Prigen 30 Oktober
– Pameran Expo & Pameran Produk Pertanian di Areal Rencana Pasar Agro Purwodadi 17-23 Oktober. (sak)