Gandeng Alibaba, Luncurkan INAMALL
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Gandeng Alibaba, Luncurkan INAMALL

Bekerjasama dengan raksasa e-commerce dari Tiongkok, Grup Alibaba, Kemendag meluncurkan portal jual beli produk Indonesia di Tiongkok yang bernama INAMALL di Hangzhou, Tiongkok.

Portal e-commerce yang dibuat Indonesia di Negeri Panda yang diluncurkan Jumat (8/7) lalu ini, memajang produk-produk unggulan dan produk unik Indonesia dalam Bahasa Mandarin. Para konsumen dan pengusaha Tiongkok semakin mudah mendapatkan produk-produk Indonesia hanya dengan melihat INAMALL yaitu di portal inamall.tmall.hk.

Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengatakan pemerintah terus mengembangkan kerja sama e-commerce, termasuk dengan Tiongkok, guna meningkatkan ekspor produk unggulan Indonesia. “Kita terus mendalami kerja sama bidang e-commerce dengan Tiongkok, khususnya pemain-pemain raksasa e-commerce seperti Alibaba,” jelas Mendag Thomas Lombang.

Menurut Mendag, INAMALL merupakan platform Business to Consumer (B2C) dari Tmall Global, anak Grup Alibaba, untuk produk yang belum masuk pasar ritel Tiongkok. Pada tahap awal, produk yang dipasarkan memiliki ciri khas Indonesia, seperti kopi luwak, aneka kudapan seperti biskuit, aromaterapi safecare, keripik singkong KUSUKA, dan produk minuman Inaco.

“Platform ini memberikan akses pengusaha Indonesia untuk dapat menjual produknya langsung kepada konsumen di Tiongkok, tanpa melalui importir atau distributor,” imbuh Mendag.

Salah satu upaya untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi, dalam menyambut peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, INAMALL akan membagikan kupon diskon kepada pelanggan di Tiongkok. Konsumen Tiongkok diharapkan dapat ikut serta memeriahkan acara Peringatan Kemerdekaan Indonesia. (sak)