Garuda Kini Bisa Terbang ke Amerika
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Garuda Kini Bisa Terbang ke Amerika

Persuahaan penerbangan nasional, Garuda Indonesia akhirnya bisa terbang ke Amerika Serikat (AS). Hal ini setelah maskapai penerbangan pelat merah tersebut berhasil lolos audit standar keselamatan dan keamanan Federal Aviation Administration (FAA) dan masuk kategori 1 FAA.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Suprasetyo, pencapaian ini menjadi hadiah terindah untuk Indonesia menjelang ulangtahun kemerdekaan ke-71. Sebab, Garuda sudah cukup lama menantikannya, yakni sejak 2007.

Kepastian mendapatkan Kategori 1 tersebut dinyatakan dalam surat yang diberikan langsung Duta Besar Amerika Serikat Ad Interim Brian McFeeters di Jakarta, kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 15 Agustus lalu.

Suprasetyo meminta kepada seluruh pihak terkait seperti, Kemenhub selaku regulator, maskapai penerbangan sebagai operator, Perum LPPNPI selaku pengelola navigasi penerbangan, dan PT Angkasa Pura I dan II, dan pihak lain yang terlibat, agar bisa mempertahankan prestasi ini.

“Tugas kita ke depan adalah mempertahankan pemenuhan standar keselamatan penerbangan. Pada hari ini, seluruh maskapai Indonesia dapat terbang ke Amerika Serikat dan kami harapkan semua mempersiapkan diri untuk mengajukan izin kepada otoritas penerbangan sipil AS,” ujarnya dalam siaran pers Humas Kemenhub, Selasa (16/8).

Suprasetyo juga meminta agar semua pihak tetap berkomitmen untuk tetap konsisten dan tidak lengah, agar peringkat Indonesia tidak turun kembali. “Jangan lengah. Ini perlu dukungan semua pihak baik, regulator, operator maupun masyarakat untuk mempertahankannya,” katanya. (sak)