Gaya Hidup Menjauhi Pola Sehat
GAYA HIDUP PERISTIWA

Gaya Hidup Menjauhi Pola Sehat

Gaya hidup masyarakat Indonesia semakin menjauh dari pola yang sehat. Kenyataan ini mendorong Le Minerale bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar Kampanye Gerakan Indonesia Sehat (GIS), yang fokus pada implementasi ”3 Right”, yakni move right, eat right, dan drink right.

Menurut dr Ulul Albab SpOG, perwakilan dari IDI, berdasarkan data RISKESDAS pada 2013, masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan memiliki gaya hidup yang tidak sehat.

”Kenyataan di lapangan, 77,3 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi bumbu penyedap dalam makanan sehari-hari, 53,1 persen mengonsumsi makanan manis secara rutin dan 40,7 persen terbiasa mengonsumsi makanan berlemak tinggi,” kata dokter Ulul saat peluncuran Gerakan Indonesia Sehat di Jakarta, Selasa (23/8).

Pola hidup yang tidak sehat ini, diperburuk dengan data penelitian US Department of Agriculture pada 1997 dan Werbach pada 1993, yang menyatakan bahwa kandungan mineral pada tanaman itu berkurang.

”Sebagai perumpamaan, sebuah apel pada 1914 mengandung mineral yang sama banyak dengan 26 buah apel pada tahun 1997,” terangnya.

Dampak dari keadaan ini menyebabkan tubuh menjadi rentan penyakit. Dr Ulul menyampaikan, masih berdasar data RISKESDAS 2013, kecenderungan prevalensi stroke naik dari 8,3 per 1.000 pada 2007 menjadi 12,1 per 1.000 di 2013. Penderita hipertensi pun naik dari 25,8 persen di pada 2007 menjadi 31,8 persen di 2013.

”Dampak dari pola hidup tidak sehat ini meningkatkan jumlah gangguan kesehatan. Contohnya stroke, tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah di otak yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah, kolesterol maupun diabetes yang tidak terkontrol,” ujar dokter Ulul.

Kondisi inilah yang mendorong Le Minerale menggagas tiga pilar dalam GIS, sehingga masyarakat menyadari pentingnya gaya hidup sehat. Yakni dengan menjaga asupan makanan sehat dan bergerak aktif secara teratur.

”Pilar pertama adalah Move Right, di mana masyarakat diajak banyak bergerak dan berolahraga, sehingga tubuh akan terasa segar dan proses penuaan akan melambat,” ungkap Bahrun Afriansyah, Senior Marketing Manager Coffee and Water PT Mayora Indah, selaku produsen Le Minerale.

Pilar kedua papar Bahrun adalah Eat Right, yang mengajak masyarakat menjaga pola makan sehat dan seimbang. Pilar ketiga adalah Drink Right, yaitu menjaga asupan mineral sebagai unsur mikronutrien yang sangat vital bagi tubuh.

”Tubuh manusia membutuhkan mineral sebagai kofaktor dan katalisator sekitar 5 persen per hari. Tubuh kita tidak bisa memproduksi sendiri mineral itu. Karenanya, kita harus memberi asupan mineral baik dalam bentuk minuman maupun makanan untuk menjaga sistem dan fungsi tubuh,” kata Ulul.

Bahrun menjelaskan bahwa Le Minerale mengandung Kalsium, Sodium, Magnesium, Potasium, Bikarbonat dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

”Le Minerale diproduksi langsung dari sumber air pegunungan dengan kedalaman 100 meter yang terlindungi dan memiliki kadar mineral alami seimbang bagi kebutuhan mineral harian manusia. Pengemasannya menggunakan teknologi Mineral Protection System yang menjamin terhindarnya dari proses oksidasi dan terjaga kesegarannya hingga ke tangan konsumen,” tutur Bahrun.

Dijelaskan, Le Minerale tidak berbau dan tidak berwarna tapi memiliki rasa manis, sebagai bukti kandungan bikarbonat. Berdasarkan penelitian yang dikeluarkan di Jurnal Chemistry and Qualities of Good Tasting Drinking Water oleh Andrea M Dietrich, masing-masing mineral meninggalkan kesan yang berbeda.

“Kalsium akan meninggalkan kesan pahit atau asin, sodium meninggalkan rasa asin, magnesium meninggalkan kesan pahit dan bikarbonat menimbulkan rasa manis,” papar Bahrun.

Senada dengannya, selebrita Sandra Dewi, mengakui pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan asupan nutrisi seimbang guna menunjang aktivitas. ”Saya rutin lari dan yoga empat kali seminggu, makan sayur dan buah kaya nutrisi dan yang terpenting adalah konsumsi air minum untuk melengkapi asupan mineral tubuh saya,” kata Sandra.

”Tiga pilar dalam Gerakan Indonesia Sehat itu sangat penting untuk menjaga kesegaran dan stamina. Nah, Le Minerale memiliki kandungan yang baik dan dibutuhkan tubuh,” ucap Sandra menambahkan.

Gerakan Indonesia Sehat ini diwujudkan dalam serangkaian aktivitas di berbagai kota, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Jogja hingga Oktober 2016. (sak)