Gerakan #PemudaTanpaPlastik dari Jogja
KOMUNITAS PERISTIWA

Gerakan #PemudaTanpaPlastik dari Jogja

Perhumas Muda Jogja memiliki cara tersendiri dalam Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 lalu. Mereka memeriahkannya dengan kampanye #PemudaTanpaPlastik.

Kampanye ini telah dimulai sejak 15 Oktober 2016 melalui akun official instagram dan twitter Perhumas Muda Jogja. Perhumas Muda Jogja adalah perhimpunan mahasiswa Ilmu Komunikasi di Jogja bidang Public Relations (kehumasan).

Kampanye ini mengajak masyarakat Indonesia khususnya pemuda agar mampu membagi sedikit perhatian kepada permasalahan sampah plastik yang dialami oleh Indonesia melalui foto-foto dan caption persuasif.

Affan Arsyad, selaku koordinator peringatan Hari Sumpah Pemuda, #PemudaTanpaPlastik mengatakan, Perhumas Muda Jogja dalam kampanye #PemudaTanpaPlastik ingin mengajak para pengguna media sosial khususnya Instagram dan twitter untuk turut peduli dengan kondisi lingkungan di Indonesia.

Caranya adalah dengan memposting foto-foto yang menunjukan aktivitas menggunakan kantong ramah lingkungan sebagai pengganti kantong plastik.

“Kemudian menceritakan pengalaman ataupun berpendapat pada caption mereka mengenai kondisi lingkungan Indonesia dengan adanya sampah plastik. Harapannya setelah ini akan turut tumbuh tanggung jawab sosial secara nyata pada pemuda yang telah berpartisipasi,” kata Affan, akhir pekan lalu.

Menurut Affan, puncak kampanye ini mereka gelar pada 28 Oktober 2016, bertepatan Hari Sumpah Pemuda tersebut.

Mereka membuat kampanye media sosial twitter secara lebih persuasif. Kampanye tersebut mengajak pemuda untuk menjadi #PemudaTanpaPlastik demi Indonesia yang lebih baik.

“#PemudatanpaPlastik juga sempat menduduki urutan ke tiga pada Trending Topic Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, Perhumas Muda Jogja juga membuat sebuah videografis yang di posting pada akun Instagram Perhumas Muda Jogja. Dalam videografis tersebut para pemuda dengan semangat yang baru kembali mengikrakkan Sumpah Pemuda.

“Videografis tersebut juga berisikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisispasi dalam kampanye #PemudaTanpaPlastik, serta informasi bahwa kampanye #PemudaTanpaPlastik tidak berhenti dan akan terus berlanjut,” jelasnya.

Affan berharap, pada peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, para pemuda dapat menjadi agen perubahan dengan aksi nyata yang akan membawa Indonesia keluar dari permasalahan-permasalahan yang ada seperti permasalahan sampah plastik di Indonesia. (sak)