GIIAS Dorong Industri Otomotif Jatim
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

GIIAS Dorong Industri Otomotif Jatim

Keterlambatan pertumbuhan ekonomi secara nasional berdampak pada penurunan pendapatan asli daerah khususnya di Jatim. Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya Auto Show 2016 diharapkan mampu mendorong perekonomian nasional terutama di bidang industri otomotif di Jatim.

“Melalui pameran ini saya harap dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja, meskipun waktunya singkat tapi setidak-tidaknya bisa membuka lapangan pekerjaan,” kata Wakil Gubernur Jatim, Drs H Saifullah Yusuf saat membuka acara GIIAS Surabaya Auto Show di Grand City Convex Surabaya, Rabu (28/09).

Efeknya menurut kata Gus Ipul, sapaan akrabnya, tidak hanya saja saat pameran tapi juga ke industri otomotifnya. Melalui pameran ini, masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami berbagai macam kendaraan dengan berbagai komponennya, sehingga mereka punya informasi yang lebih utuh tentang produk otomotif.

Gus Ipul juga berharap pameran ini mampu mendorong industri otomotif di tanah air terus bergairah. Selain itu, konten lokal atau tingkat kandungan dalam negeri di industri otomotif diharapkan terus meningkat penggunaannya.

“Kita bersyukur ada produk yang muatan lokalnya terus meningkat bahkan ada yang 95 persen. Yang seperti ini penting untuk jangka panjang industri otomotif khususnya di Jawa Timur. Di Jatim ada industri komponen yang tidak hanya memasok untuk kepentingan dalam negeri tapi juga kepentingan negara lain,” ujarnya.

Gus Ipul menjelaskan, perkembangan kendaraan baru di Jatim sampai Agustus 2016 81.944 unit kendaraan baru mengalami penurunan sebesar (2,10 persen) dibandingkan periode sama tahun 2015 83.699 unit kendaran baru atau dibandingkan 2014 96.190 unit kendaraan baru atau mengalami penurunan 14,81 persen.

Sedangkan, jumlah kendaraan bermotor di Jatim sampai Agustus 2016 16.650.282 kendaraan bermotor, terdiri roda empat 1.966.629 kendaraan bermotor atau 11,81 persen dan roda dua 14.683.653 atau 88,19 persen.

Melihat perkembangan kendaraan baru dari bulan ke bulan pada 2016 pada posisi Agustus sebanyak 10.586 unit kendaraan baru atau mengalami kenaikan 21,9 persen dibandingkan Agustus 2015 8.680 unit kendaraan baru. Sehingga trend kenaikan tersebut dengan adanya Pameran GIIAS Surabaya Auto Show 2016 di Jatim diharapkan sampai akhir 2016 mampu mendongkrak pembelian kendaraan baru di Jatim.

Gus Ipul berharap pameran GIIAS dapat dilaksanakan rutin tiap tahun di kota-kota besar di Jatim. Serta mampu menggerakkan masyarakat Jatim dapat melakukan pembelian kendaraan baru yang berakibat pada penerimaan sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyampaikan bahwa potensi yang dimiliki Jatim menjadi alasan GIIAS diselenggarakan di Surabaya. Menurutnya, pameran ini menjadi ajang pertemuan banyaknya pihak yang terlibat di industri bermotor. Pameran ini menjadi penutup rangkaian GIIAS auto show di Indonesia tahun ini.

Pameran diselenggarakan hingga 2 Oktober 2016 di Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya. Diisi 13 brand Agen Pemegang Merek (APM) Indonesia, meliputi 11 passenger cars, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki dan Toyota dan dua peserta commercial cars, Isuzu dan Mitsubishi Fuso.

Selama pameran pengunjung dapat melihat berbagai produk unggulan otomotif lain seperti aksesoris mulai dari audio, kaca film, car wash, jok kulit, dan sebagainya. (sak)