Hotel, Katering dan Transportasi Haji Oke
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Hotel, Katering dan Transportasi Haji Oke

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan persiapan pelayanan jemaah pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sesuai harapan. Baik terkait pemondokan (hotel), katering maupun transportasi.

“Semuanya Alhamdulillah kenyataannya sesuai harapan, baik hotel yang ada di Makkah maupun Madinah. Kita bisa memberikan jaminan seluruh hotel bertaraf setara bintang 3. Kateringnya juga baik. Demikian juga operasionalisasi bus shalawat,” kata Menag saat memberikan keterangan pers setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu (02/07) pagi.

“Walhasil, semua kenyataannya sesuai dengan yang kami harapkan. Jadi secara keseluruhan saya merasa bersyukur dan Alhamdulillah bahwa persiapan ini semakin baik,” tambahnya.

Bertolak ke Saudi pada Sabtu pekan lalu, Menag melakukan pengecekan langsung persiapan akhir penyelenggaraan ibadah haji, baik di Makkah maupun Madinah. Ikut mendampingi Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.

“Saya juga menyempatkan diri melakukan pengecekan ke sejumlah hotel yang ada di Makkah maupun Madinah. Juga pengecekan ke sejumlah perusahaan katering, dapur-dapur yang nanti akan melayani seluruh jamaah haji kita, baik di Makkah maupun Madinah,” papar Menag.

“Saya juga melakukan simulasi operasionalisasi bus shalawat. Bus yang non stop selama 24 jam bekerja memfasilitasi jamaah kita, khususnya di Makkah, dari hotelnya ke Masjidil Haram pulang pergi bagi mereka yang hotelnya berada di radius lebih dari 1,5 km,” katanya lagi.

Di lapangan, Menag bahkan menjumpai sejumlah hotel di Makkah yang akan memberikan layanan melebihi ketentuan. Pengelola hotel menurut Menag bersedia menyediakan refreshment berupa minuman, jus dan kurma di lobby hotelnya. “Kita bersyukur kondisi hotel di sana banyak yang baru dan semuanya setara bintang 3,” terangnya.

Selain mengecek persiapan haji, selama di Saudi, Menag juga melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak, antara lain dengan Menteri Haji dan Deputy Menteri Haji Arab Saudi, Muassasah Asia Tenggara di Makkah dan Muassasah Adilla di Madinah.

Selain itu, Dirjen PHU Abdul Djamil dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis melakukan pertemuan dengan GACA (otoritas bandara) untuk memastikan jadwal penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Airlines yang akan membawa jamaah haji Indonesia.

“Alhamdulillah jadwal yang kita harapkan, baik Garuda maupun Saudi Airlines sudah kita dapatkan sehingga lebih memastikan persiapan kita bisa lebih baik,” tandasnya. (sak)