Indonesian Women in Diving Dilaunching
KOMUNITAS PERISTIWA

Indonesian Women in Diving Dilaunching

Terisnpirasi oleh selebrasi internasional PADI Womens Dive Day, komunitas penyelam wanita Indonesia mengukuhkan keberadaan mereka dalam gerakan ”Indonesian Women in Diving”. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia, ‘Indonesian Women in Diving’ diresmikan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Managing Director Scuba Diver, Arief menyatakan bahwa dengan adanya gerakan ini diharapkan akan terbentuk generasi masa depan yang lebih peduli lingkungan dan peduli wisata.

Hal ini diperjelas Adi Karadi, PADI Consultant, bahwa dengan menarik minat wanita Indonesia dalam dunia menyelam akan membuka akses lebih lebar bagi calon-calon peminat olahraga selam.

”Jika penyelam laki-laki, yang akan terlibat hanya dirinya saja, tapi jika kita menarik penyelam wanita. Dengan begitu, kita akan mendapatkan keseluruhan keluarga. Sebab, wanita akan mampu menularkan kegiatan ini kepada keluarganya,” papar Adi.

Ketua Komunitas Woman Diving, Nunung Hasnah mengatakan dengan melibatkan wanita dalam olahraga selam, menunjukkan bahwa semua pihak bisa menjadi bagian dari pengembangan wisata selam.

”Gerakan ini kami lakukan untuk mengajak semua pihak mulai menyukai wisata bahari. Selain itu, juga menjaga kelestarian dari lingkungan selam itu sendiri,” ungkap Nunung.

Selaras dengan misi itu, pengukuhan ‘Indonesian Women in Diving’ ini diawali dengan gerakan ‘Mesh Bag’.

”Gerakan ini kita canangkan untuk para penyelam agar membawa kantong sampah. Jadi, saat menyelam mereka bisa memungut sampah sehingga lingkungan bawah air akan tetap terjaga. Selama ini kita biasanya hanya bisa membawa sedikit di tangan, tapi dengan menggunakan mesh bag, maka para penyelam akan bisa mengumpulkan lebih banyak sampah,” tutur Nunung.

Hadir dalam pencanangan gerakan ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan para selebriti dan model Indonesia yang memiliki hobi menyelam seperti Olga Lydia, Marischka, Prudence, Gemala Hafiah, dan Dayu Hatmanti.

Davina Veronica, yang didapuk menjadi ikon ‘Indonesian Women in Diving’, menyatakan kebanggaannya untuk dapat terlibat dalam gerakan ini. ”Sebagai orang Indonesia, harusnya kita jangan hanya bisa menikmati keindahan alam Indonesia tapi juga harus bisa menceritakannya,” ucapnya. (sak)