Inilah Pemenang Kompetisi Ilmiah LIPI 2016
PERISTIWA PROFIL

Inilah Pemenang Kompetisi Ilmiah LIPI 2016

Para pemenang Kompetisi Ilmiah 2016, yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-48 dan National Young Inventor Awards (NYIA) ke-9 telah diumumkan, akhir September lalu di Auditorium Utama LIPI Pusat Jakarta. Para pemenang mendapatkan apresiasi penghargaan uang tunai, piala, sertifikat, dan mendapatkan kesempatan berkompetisi di ajang internasional.

Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono memberikan apresiasi tinggi pada pemenang kompetisi ilmiah tersebut. “Bagi para pemenang, saya ucapkan selamat, tetaplah rendah hati dan bersiaplah untuk berlaga di komunitas internasional,” pesan Lili, panggilan akrabnya saat memberikan sambutan dalam Malam Penganugerahan Pemenang Kompetisi Ilmiah 2016.

Lili mengatakan bagi yang belum menjadi pemenang kompetisi, jangan berkecil hati karena mungkin ke depan akan menjadi orang yang lebih hebat lagi. Karena ini bukanlah kegagalan, namun hanya sukses tertunda. “Dan jalan menuju kesuksesan masih sangat panjang,” sambungnya.

Senada, Direktur Pendidikan dan Kebudayaan British Council Indonesia, Teresa Birks juga mengucapkan selamat bagi para pemenang kompetisi ilmiah kali ini. Pihaknya pun akan terus mendukung dan mendorong minat meneliti para generasi muda tersebut. “Kami akan terus mendorong semangat untuk menumbuhkan peneliti muda yang mampu bersaing di tingkat internasional,” tutupnya.

Sebagai informasi, kegiatan kompetisi ilmiah tahun ini merupakan hasil kerjasama antara LIPI dengan British Council melalui program Newton Fund dan didukung pula oleh Intel Indonesia dan PT. Aneka Fermentasi Industri (AFI). (sak)

Daftar Juara 1 Ilmiah LIPI 2016:

LKIR Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) : Aiman Hilmi Asaduddin dan Muhammad Farhan (SMAN 1 Jogja) – “Potensi Ekstrak Tangkai Talas (Colocasia esculenta L. Schott) sebagai Bahan Herbal untuk Mencegah Penyakit Ulkus Peptikum”.

LKIR Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) : Azizah Dewi Suryaningsih (SMAN 1 Jogja) – “Hutan Bambu : Sistem Penahan Laju Awan Panas Gunung Merapi”.

LKIR Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) : Latifah Mar’atun Sholikhah (SMAN 1 Teras, Jatemng) – “Anak-Anak Terbuang: Studi Tentang Sikap Masyarakat Terhadap ADHA Di Surakarta”.

LKIR Bidang Ilmu Pengetahuan Tehnik (IPT) : Miranti Ayu Kamaratih dan Octiafani Isna Ariani (SMA Al Hikmah Surabaya, Jatim) – “Konversi Energi Surya menjadi Energi Listrik melalui Prototype Dye Sensitized Solar Cells (DSSC) menggunakan Ekstrak Pewarna Alami dari Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus costaricencis)”.

Pemenang NYIA 2016 :
Juara I : Aan Aria Nanda dan Feriawan Tan (SMAN 1 Tarakan) – “D-Box CC (Detector Box for CO and CO2)”.

Juara II : Ryan Timothy Abisha (Sampoerna Academy) – “Smart Trash Bin”.

Juara III : Asep Muhamad Yanwar Salim dan Muchammad Alfarisi (SMKN 2 Cimahi) – “SIMINA BANJIR (Sistem Mitigasi Bencana Banjir)”.

Special Awards 1 : Mochamad Rizky Maulana dan Hawali (SMKN 54 Jakarta) – “Alat Pengupas Kulit Bawang Putih Berbasis Dinamo Mesin Jahit”.

Special Awards 2: Muhammad Husain Masyhudul Haq dan Dhini Avilia (MAN Cilacap) – “SMARTSMOFI (Smart Smoke Filter)”.

Penghargaan Khusus Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI) : Firman Dwiansyah dan Muftie Insani (SMKN 2 Cimahi) – “BOTANI”.

Intel Special Award : Gede Herry Arum Wijaya dan Ni Putu Gita Naraswati (SMA Negeri Bali Mandara) – “Smart Trash Can”.