Instansi Mulai Larang Pokemon Go
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Instansi Mulai Larang Pokemon Go

Setelah ada larangan PNS di lingkungan Pemprov Jatim bermain Pokemon Go saat jam kerja, sejumlah instansi mengeluarkan pengumuman resmi terkait game aplikasi yang kini jadi wabah dunia tersebut. Di Pemkot Surabaya, lingkungan Istana Presiden dan juga Kantor Kementerian PAN-RB.

Di Surabaya, WaliKota Surabaya Tri Rismaharini bahkan mengeluarkan ultimatum kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memainkan aplikasi Pokemon Go itu pada saat jam kerja. “Saya sampaikan kalau memainkanya di kantor, akan saya tangkap,” tegas Risma seusai jumpa pers di pameran IISMEX 2016 di Grand City Surabaya, Selasa, (19/07).

Menurut Risma, sebetulnya bukan hanya bermain Pokemon saja yang berbahaya. Ia juga mencontohkan di jala raya sudah ada aturan jika menyentir dilarang mengunakan telepon apalagi bermain handphone.

Begitu pula apabila memainkan game Pokeman, jika terjadi sesuatu di jalan nantinya, maka bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. “Kita harus rasional, jangan sampai kita didikte oleh mainan,” tandasnya.

Di Jakarta, Kepala Biro Pers Media dan Informasi Istana Kepresidenan Bey Machmudin mengatakan bermain Pokemon Go di lingkungan Istana Kepresidenan dilarang karena bisa mengganggu ketertiban di kawasan itu. “Ini Kantor Presiden dan bukan tempat bermain. Itu saja alasannya. Jadi kita datang untuk bekerja. Wartawan datang untuk meliput dan bukan bermain,” kata Bey di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/7).

Bey mengatakan setiap orang yang masuk ke lingkungan Istana Kepresidenan telah melalui pemeriksaan karena istana merupakan tempat steril.

Menurut dia, bermain Pokemon membutuhkan pergerakan yang aktif bahkan sudah tidak peduli dengan sekitarnnya sehingga kalau bermain di Istana Kepresidenan maka bisa menimbulkan kecurigaan baik petugas keamanan dalam maupun Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). “Semua yang masuk ke sini mohon tidak main Pokemon,” katanya.

Untuk itu, sejumlah titik di Istana Kepresidenan, Jakarta saat ini ditempel tulisan berisi larangan main Pokemon. Bunyi tulisan itu adalah “DILARANG BERMAIN ATAU MENCARI POKEMON DI LINGKUNGAN ISTANA”.

Sebagai langkah antisipatif demi menjaga keamanan dan kerahasiaan instalasi pemerintahan, Kementerian PANRB mengeluarkan surat edaran tentang larangan bagi para ASN untuk bermain game virtual pada di lingkungan instansi pemerintah.

Dalam surat edaran yang ditujukan khususnya pada para pegawai di lingkungan Kementerian PANRB, LAN, BKN, BPKP, dan ANRI, MenPANRB secara tegas memberitahukan kepada seluruh Pimpinan di satuan kerja masing-masing untuk melarang para ASN bermain game virtual di lingkungan instansi pemerintah.

Dalam surat edaran ini, Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi juga meminta agar para Pejabat Pembina Kepegawaian di masing-masing-masing satuan kerja untuk melakukan pemantauan dalam pelaksanaannya.

“Saat ini kita melakukan tindakan preventif untuk menjaga keamanan dan rahasia negara, tentunya para aparatur negara mengerti karena kita tidak mungkin membahayakan stabilitas negara untuk resiko sekecil apapun. Untuk itu para aparatur negara dapat mengayomi larangan untuk bermain game virtual di lingkungan instansi pemerintah,” ujar Menteri Yuddy.

Lebih lanjut lagi, Menteri Yuddy menyampaikan bahwa selain menjaga keamanan dan rahasia negara, larangan ini juga dikeluarkan untuk menjaga produktivitas kerja dan meningkatkan disiplin ASN, sehingga kualitas pelayanan publik dapat terjaga. Untuk itu MenPANRB meminta agar edaran ini dapat menjadi pedoman bagi ASN menjalankan tugas pokok fungsinya sebagai abdi negara dan masyarakat.

Permainan Pokemen Go saat ini sedang digemari publik karena bisa diunduh gratis. Permainan ini menghadirkan perpaduan antara dunia animasi dan dunia nyata.

Monster Pokemon yang biasanya hanya hadir di layar gawai kini dapat terlihat di dunia nyata lewat kamera telepon pintar serta bantuan GPS. Pemain harus aktif bergerak menangkap Pokemon yang berada di lingkungan sekitar tempat bermain.

Di luar negeri, pemerintah China melarang kehadiran game yang menyita perhatian penduduk dunia ini. China melarang karena takut kehadiran game ini akan mengancam sistem keamanan negara komunis ini.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Selasa (19/7), mereka takut bila Pokemon Go digunakan pihak Amerika mengetahui di mana letak pangkalan militer China.

Ini bukan pertama kalinya beberapa orang menjadi paranoid tentang konsep aplikasi atau gim berbasis lokasi. Sebelumnya, Google mendapatkan peringatan saat memperlihatkan beberapa pangkalan militer rahasia milik Taiwan di Google Maps. Sejumlah pihak berspekulasi Pokemon Go hanyalah akal-akalan Jepang dan Amerika Serikat untuk mengetahui di mana lokasi rahasia militer dan kekuatannya. (sak)