Realisasi Investasi Energi Terbarukan Optimis Tembus 1,37 Miliar USD
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Realisasi Investasi Energi Terbarukan Optimis Tembus 1,37 Miliar USD

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan realisasi investasi di sektor energi baru dan terbarukan pada tahun ini akan melebihi target 1,37 miliar USD.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Rida Mulyana di Jakarta menjelaskan, meski terjadi perlambatan perekonomian global dan beberapa hambatan, iklim investasi sektor energi baru terbarukan di Indonesia tetap menarik.

Sampai akhir Juni lalu, realisasi investasi di sektor ini mencapai 867 juta USD. “Secara keseluruhan realisasi investasi sudah 63,5 persen dari target tahun ini 1,37 miliar USD,” ujarnya kepada media belum lama ini.

Menurut Rida, realisasi investasi di sektor panas bumi tercatat sebesar 56 juta USD atau 58,3 persen dari target 96 juta USD. Selanjutnya realisasi investasi bioenergi sebesar 28,9 juta USD atau 93,2 persen dari target 31 juta USD. “Sementara realisasi investasi aneka energi baru terbarukan hanya 180 ribu USD atau 18 persen dari target 1 juta USD,” tuturnya.

Namun, Rida optimis investasi sektor energi baru terbarukan ini dapat digenjot pada semester kedua ini. “Sampai akhir tahun, target 1,37 miliar USD kemungkinan dapat terlampaui signifikan,” tegas dia.

Pasalnya, jelas Rida, pihaknya bakal merampungkan revisi harga listrik berbagai energi baru terbarukan pada tahun ini. Sampai Juni lalu, Kementerian ESDM telah merampungkan Permen ESDM No 19 Thn 2016 untuk harga listrik pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), Permen No 21 Thn 2016 untuk perbaikan harga listrik biomassa dan biogas, dan Permen No 44 Thn 2015 untuk kenaikan harga listrik PLT Sampah Kota.

“Seperti misalnya harga listrik biomassa naik dari Rp 1.150 per kilowatt hour (kWh) menjadi 13,5 sen USD per kWh atau meningkat 60 persen. Kemudian harga listrik biogas dari Rp 1.050 per kWh menjadi 10,64 sen USD per kWh atau naik 30 persen,” pungkasnya. (sak)