Jamaah Haji Jatim Kloter Pertama 9 Agustus
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Jamaah Haji Jatim Kloter Pertama 9 Agustus

Jamaah Haji Jawa Timur kloter pertama akan berangkat dari embarkasi Surabaya pada 9 Agustus 2016. Saat ini, telah memasuki proses pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Surabaya.

“Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Surabaya tugasnya menyukseskan penyelenggaraan Ibadah Haji, khususnya pelayanan kepada jamaah haji. Maka, PPIH harus profesional, akuntabel dengan mengedepankan prinsip keadilan, mengutamakan kepentingan jamaah haji, dengan prinsip nirlaba,” kata Wakil Gubernur Jatim H Saifullah Yusuf saat melantik PPIH embarkasi Surabaya, di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Senin (25/7).

Menurut Gus Ipul, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional yang harus dilaksanakan pemerintah. “PPIH harus memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji dengan amanah dan jujur,” pesannya.

Pelayanan jamaah haji yang dikoordinir Kementerian Agama kini semakin baik. Pelayanannya dari tahun ke tahun semakin kompak dan bersinergi. Selama ini direncanakan dengan baik, lebih-lebih fasilitasnya memang mencukupi. Selain itu antara jamaah dengan pengantarnya lebih tertib di tempatnya masing-masing, tidak ruwet. Keberangkatan sesuai jadwal, jadi tidak menumpuk.

Kakanwil Kemenag Jatim H Mahfud Shodar mengatakan PPIH embarkasi Surabaya akan melayani 28.676 orang jamaah haji dari Embarkasi Surabaya, terdiri dari 27.323 orang dari Jatim, dari Bali 512 orang, dan dari NTT 521 orang, dan sampai hari ini paspor jamaah haji sudah terkirim di Jakarta sebanyak 23.158 orang.

Jamaah haji yang tergabung dalam Kloter pertama embarkasi Surabaya yaitu jamaah yang berasal dari Sumenep, yang akan masuk asrama haji 8 Agustus pukul 10.00 WIB dan berangkat 9 Agustus pukul 10.30 WIB. Dan kloter terakhir (Kloter 64) akan meninggalkan Tanah Air menuju tanah suci 5 September pukul 02.10 dini hari.

Panitia terdiri dari gabungan Pemprov Jatim Kanwil Kementrian Agam Jatim, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Dinas Kesehatan, Polda, Kantor Pengawasan Pelayanan dan Bea Cukai Surabaya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, Kantor Otoritas Bandara Juanda, PT Angkasa Pura, dan UPT Asrama Haji surabaya. (sak)