Jambore Film Animasi Bela Negara
PERISTIWA SENI BUDAYA

Jambore Film Animasi Bela Negara

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur menggelar Sosialisasi Jambore Film Animasi Pahlawan Nasional dan Sejarah Kejayaan Bangsa. Kegiatan ini bertujuan untuk mentrasformasikan nilai-nilai kepahlawanan pada generasi muda.

Kepala Bakesbangpol Jatim, Jonatan Judianto, di sela acara Sosialisasi Film Animasi, Selasa (26/7) lalu di Aula Bakesbangpol Jatim mengatakan, karakter dan semangat yang telah dicontohkan para pahlawan Indonesia perlu dipopulerkan di kalangan generasi muda. Salah satu media yang dekat dengan generasi muda adalah film animasi. Hal ini sebagai respon derasnya arus globalisasi yang tak lagi dapat dibendung.

“Paling penting adalah anak muda bisa bangga dan menghayati nilai kepahlawanan. Kita memiliki banyak pahlawan yang bisa diteladani dan diidolakan. Tidak terus pahlawan-pahlawan di film dari luar,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan ke depan karya terbaik dari jambore film animasi pahlawan nasional dan sejarah kejayaan bangsa akan diupayakan tampil di stasiun televisi nasional. Masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa dapat menikmati film animasi pahlawan nasional di layar kaca masing-masing.

“Bahkan kami berharap sekolah-sekolah bisa menampilkan film terbaik karya anak bangsa. Atau bisa nonton bareng,” jelas Jonatan.

Selain sosialisasi, Bakesbangpol juga menggelar Diskusi Panel dengan mengundang sejumlah narasumber. Diantaranya, Asdep Bela Negara Deputi VI Kesbang Menkopolhukam I Dewa Ketut, CNN Indonesia Hendra Setiawan, Guru Besar Sejarah Unesa Prof Aminuddin Kasdi dan beberapa tamu undangan dari unsur mahasiswa, SKPD serta praktisi film.

Acara jambore film animasi pahlawan nasional dan sejarah kejayaan bangsa merupakan tindak lanjut dari program Bakesbangpol Jatim yang fokus pada produksi film pahlawan nasional. Tahun lalu, Bakesbangpol Jatim bersama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (Stikom) Surabaya juga menggelar jambore film animasi Maha Patih Gajah Mada.

Jambore ini digelar dalam rangka memperingati HUT proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 2016, terdiri dari film animasi 2D dan 3D dengan durasi 5-7 menit. Setelah disosialisasikan, maka siapa yang bakal jadi pemenang akan diumumkan pada 4 Agustus 2016 mendatang. 20 nominasi bakal ditayangkan di TVRI jawa Timur, dan 5 nominasi terbaik masing-masing mendapat uang pembinaan Rp 4 juta. (sak)