Asuransi Jiwasraya Gandeng Bank Jatim Garap Bancassurance
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Asuransi Jiwasraya Gandeng Bank Jatim Garap Bancassurance

PT Asuransi Jiwasraya bekerjasama dengan Bank Jatimmengembangkan program Bancassurance, sejalan dengan target peningkatan perolehan premi Jiwasraya yang mencapai Rp 22 triliun tahun 2016 ini. Bancassurance adalah bentuk pemasaran beragam produk asuransi dengan bank sebagai sarana distribusinya.

Direktur Utama Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim mengatakan kerjasama tersebut merupakan bentuk perluasan distribusi bagi kinerja masing-masing perseroan dan kerja sama itu juga menjadi sinergi BUMN dan BUMD.

“Bank Jatim ini merupakan market leader bank daerah di Jatim dan diharapkan dengan cara kerjasama ini Jiwasraya bisa memperluas pasar dengan memberikan nilai tambah dalam bentuk proteksi bagi nasabah Bank Jatim,” ujarnya seusai penandatanganan MoU Bancassurance Jiwasraya-Bank Jatim di Surabaya Selasa (19/7).

Kepala Cabang Asuransi Jiwasraya Surabaya, Wahyu Herdyanto menjelaskan program Bancassurance selama ini cukup banyak memberikan kontribusi terhadap premi Jiwasraya tahun lalu, dari premi Rp 10,8 triliun secara nasional, sebesar Rp 5,1 triliun diantaranya berasal dari Bancassurance, sisanya dari branch office system (BOS) atau dari sistem cabang.

Tahun ini pun, Asuransi Jiwasraya menargetkan perolehan Bancassurance mampu berkontribusi mencapai Rp 11 triliun dari total target premi. Sedangkan capaian kinerja premi Asuransi Jiwasraya di sepanjang semester I/2016 sudah mencapai Rp 7,6 triliun atau tumbuh 100,62 persen dari periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 3,8 triliun.

Sementara itu, perolehan aset Asuransi Jiwasraya saat ini sudah mencapai Rp 31 triliun serta pangsa pasar yang terus meningkat dengan total peserta atau pemegang polis yakni lebih dari 7 juta orang.

“Kedepan kami akan dorong terus kerjasama seperti ini untuk menaikkan premi atau aset kami. Terutama di segmen korporat ini akan digenjot karena sekali tangkap, nasabahnya langsung banyak,” imbuhnya.

Adapun Asuransi Jiwasraya saat ini sudah menjalin kerjasama Bancassurance dengan sejumlah bank daerah seperti Bank Jateng, BPD Daerah Istimewa Yogyakarta, BPD Bali, Bank Kaltim serta Bank asing seperti ANZ, Bank Niaga, Standard Chartered dan Citibank yang saat ini dalam proses kerjasama.

Direktur Utama Bank Jatim, R Soeroso menambahkan kerjasama Bancassurance memiliki keuntungan bagi kedua perseroan. Bagi Asuransi, ujarnya akan mendapatkan pertumbuhan premi dan bagi bank akan mendapatkan fee based income dari penjualan asuransi. (sak/ant)