Jokowi Bagikan PMT ke Ibu Hamil
KESEHATAN PERISTIWA

Jokowi Bagikan PMT ke Ibu Hamil

Setelah Banten dan Jawa Timur, kali ini Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Provinsi Jawa Barat dalam rangka Program Perbaikan Gizi melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Ibu Hamil, Anak Balita, dan Anak Sekolah.

Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya ibu hamil selain mengkonsumsi makanan tambahan lain yang mengandung protein. “Selain ini (PMT) juga diberikan makanan tambahan yang lain, sumber protein yang lain, bisa telur, bisa tahu, bisa tempe, bisa ikan, bisa daging,” kata Jokowi di Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Sabtu (17/9) siang.

Jokowi juga mengingatkan apa yang telah disampaikan Menkes bahwa ibu hamil harus tetap ditimbang ke Posyandu, ke Puskesmas. “Ditimbang jangan sampai terlalu besar. Yang paling penting anaknya lahir normal, sehat, pintar, dan cerdas,” ujarnya.

Program Perbaikan Gizi melalui PMT ini diatur dalam Kepmenkes No: 899/Menkes/SK/X/2009 tentang Spesifikasi Teknis Makanan Tambahan Anak Balita, Anak Usia Sekolah Dasar, dan Ibu Hamil.

Ketentuan PMT Ibu Hamil, yaitu pada umur 1-3 bulan makannya hanya 2 keping per hari, dan umur 4-9 bulan makannya 3 keping per hari. Untuk PMT Anak Balita yaitu, umur 6-11 bulan 8 keping per hari, dan umur 1-5 tahun 12 keping per hari. Untuk PMT Anak Sekolah yaitu, 6 keping per hari.

Selain Desa Cangkuang Wetan di Kecamatan Dayeuhkolot, Jokowi juga membagikan PMT di Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek.

Malam harinya Presiden bertolak menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung meresmikan Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX.

Mendampingi Presiden dalam kesempatan itu Menko PMK Puan Maharani, Seskab Pramono Anung dan Menkes Nila F Moeloek. (sak)