Jokowi Tinjau Latihan Armada Jaya
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Jokowi Tinjau Latihan Armada Jaya

Presiden Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan Indonesia–1, Rabu (14/9) pagi sekitar pukul 07.30 WIB meninggalkan Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jatim guna meninjau langsung Latihan Armada Jaya 2016 dari KRI Banjarmasin-592 yang berada di Laut Jawa.

Dari Juanda, Presiden bersama Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan KSAL Laksmana TNI Ade Supandi menggunakan Helikopter Bell TNI AL menuju KRI Banjarmasin-592 selama sekitar 36 menit.

Saat tiba di Lounge Room Perwira dilakukan paparan singkat mengenai penembakan senjata strategis oleh Komandan Satuan Tugas Laksanama Pertama TNI TSNB Hutabarat. Presiden lalu menuju Geladak Isyarat KRI Banjarmasin-592 dengan berjalan kaki untuk menyaksikan demo keterampilan TNI AL.

Beberapa yang dipertunjukkan, di antaranya latihan penembakan roket kapal selam jenis RBU 6000 oleh empat KRI Kelas Parchim, latihan evakuasi medis udara antarkapal menggunakan helikopter, latihan pembekalan di laut untuk melaksanakan transfer logistik maupun personel, dan latihan penembakan senjata antikapal permukaan menggunakan senjata meriam berbagai kaliber dengan sasaran menggunakan Killer Tomatto.

Tak berapa lama, Presiden kembali menuju Geladak Heli KRI Banjarmasin-592 untuk lepas landas menuju Helipad Pusat Latihan Tempur Korps Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, dengan menggunakan Helikopter Bell TNI AL.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam siaran persnya mengatakan, setelah melihat Latihan Armada Jaya 2016, Presiden bersama rombongan menuju Situbondo untuk meninjau program Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan direncanakan bermalam di kota itu.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Jatim, Mensesneg Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Sekmilpres Marsda TNI Hadi Tjahjanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dan Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono. Presiden dijadwalkan kembali ke Jakarta dan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Kamis (15/9) sekitar pukul 11.05 WIB. (sak)