Jokowi Usul Indonesia Pusat Produksi Susu
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Jokowi Usul Indonesia Pusat Produksi Susu

Usai pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru beserta delegasi di Istana Merdeka (18/7), Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers bersama menyampaikan penghargaan atas kunjungan kedua PM John Key sejak 2012. PM John Key membawa serta 22 Chief Executive Officer (CEO) perusahaan ternama berbagai bidang.

“Dan pertemuan saya dengan PM John Key berlangsung sangat produktif dan sangat bersahabat. Kami membahas penguatan kerjasama bilateral, khususnya di bidang ekonom,” jelas Jokowi. Hal pertama yang dibahas, menurut Presiden, peningkatan kerjasama perdagangan dan investasi.

Indonesia, lanjut Jokowi, meminta ekspor buah tropis salak dan mangga ke Selandia Baru untuk dapat segera direalisasikan. “Saya menyambut baik lonjakan investasi Selandia Baru sejak 2014 di sektor pengolahan susu dan produk susu dan Indonesia mengusulkan agar dapat dijadikan pusat produksi produk susu di Asia Tenggara,” paparnya.

Penguatan kerjasama di bidang energi baru dan terbarukan, menurut Jokowi, merupakan hal kedua yang dibicarakan. “Geotermal tetap menjadi prioritas kerjasama bilateral ini dan sepakat meningkatkan kerjasama di bidang energi tenaga air termasuk di bidang investasinya,” tambah Jokowi.

Jokowi juga mengungkap bahwa pembahasan ketiga yakni penguatan kerjasama di bidang peternakan. “Kita sepakat memperkuat kerjasama di bidang bredding cattle dan juga yang berkaitan dengan daging sapi. Dan Indonesia mengundang investasi Selandia Baru untuk bidang bredding cattle,” tutur Presiden.

Diskusi lain yang turut dibicarakan, menurut Jokowi, mengenai isu-isu strategis di kawasan global yang menjadi kepentingan bersama. Selanjutnya, Jokowi dan PM Key menyaksikan langsung penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama di bidang energi baru dan terbarukan, pariwisata, serta Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing.

Usai mengadakan kegiatan di Jakarta, PM Selandia Baru pada Selasa (19/7) mengunjungi Jatim. Kunjungan John Key beserta istri disambut langsung Gubernur Jawa Timur H Soekarwo beserta istri Hj Nina Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Kunjungan PM Selandia Baru membawa misi khusus untuk bertemu dengan pejabat Pemprov dan pengusaha Jatim untuk mendalami berbagai kerjasama bisnis bidang industri perdagangan dan pertanian utamanya buah buatan berupa salak, mangga, manggis dan jeruk asal Jatim sebagai sentra buah tersebut. (sak)