Jong Batak Arts Festival 2016
PERISTIWA SENI BUDAYA

Jong Batak Arts Festival 2016

Untuk kali ketiga, bakal digelar event Jong Bataks Arts Festival di Medan, Sumatera Utara. Gelaran pentas seni dan budaya ini dilakukan guna memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Makna dalam peringatan Sumpah Pemuda ini untuk merefleksi ulang sejarah pemuda.

Peringatan Sumpah Pemuda dengan mengusung “Jong Bataks Arts Festival” ini akan digelar di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) pada tanggal 25-28 Oktober 2016.

Jong Batak Arts Festival tahun 2016 bakal berbeda dengan tahun sebelumnya. Demikian dikatakan, Panitia Jong Batak Arts Festival, Ojax Manalu. Tahun ini akan menampilkan pertunjukan topeng. “Sebab, topeng-topeng yang ada di wilayah Sumatera Utara sudah mulai punah. Semoga bisa tetap lestrai,” katanya.

Kegiatan Jong Bataks merupakan pagelaran dalam konsep seni pertunjukan berbasis budaya yang dirangkai dalam bentuk teater, musik, tari, sastra dan didukung pameran seni rupa, pameran kerajinan, pemutaran film cluture, seminar dan workshop .

Jong Bataks Arts Festival kali ini merupakan tahun ketiga. Tahun pertama digelar 25 Oktober-01 November 2014 dengan individual yang mengisi kegiatan lebih kurang 412 Orang dan jumlah penonton sebanyak 2.300 orang. Tahun kedua 27-31 Oktober 2015 dengan individual yang mengisi kegiatan lebih kurang 520 orang dan jumlah penonton 3.300 orang.

Sejumlah komunitas-komunitas seni yang ada di Medan, Binjai, Siantar, Jakarta, Banten dan Bandung kini tengah terlibat dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan seni budaya ini. (sak)