Juara PON Jadi Andalan di Internasional
OLAHRAGA

Juara PON Jadi Andalan di Internasional

Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat di Gelora Bandung Lautan Api Bandung (GBLA), Jawa Barat, Sabtu (17/9) malam.

Acara pembukaan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB ditandai lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya persembahan atraksi kembang api, perkusi, dan defile kontingen peserta PON dimulai dari Provinsi Aceh dan diakhiri dengan kontingen tuan rumah Jawa Barat.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, para juara PON XIX akan menjadi andalan Indonesia dalam menghadapi Sea Games 2017 di Malaysia dan Asian Games 2018 dimana Indonesia akan menjadi tuan rumahnya.

Jokowi menegaskan, sebagai ajang penbinaan olahraga Indonesia, PON adalah momentum menggalakkan kompetisi olahraga serta menggalakkan gerakan nasional kompetisi olahraga.

“Kompetisi harus dimulai dari kampung, dari desa, dari kecamatan, dari kabupaten, kota, dan seluruh provinsi yang ada di negara kita,” tutur Jokowi seraya menambahkan, semuanya harus bergerak sehingga banyak bibit olahragawan yang akan didapatkan.

Jokowi meyakini, dengan menggalakkan kompetisi olahraga dan menggalakkan gerakan nasional kompetisi olahraga, Indonesia akan menjadi bangsa yang tangguh di antara bangsa-bangsa lain di dunia.

Mengakhiri sambutannya, Jokowi menyampaikan ucapan selamat bertanding dan berkompetisi kepada seluruh atlet. “Berjayalah di tanah legenda Jawa Barat. Buatlah daerah-daerah kalian bangga, buatlah Indonesia bangga dengan prestasi Saudara sekalian,” ucapnya.

Pembukaan PON XIX juga ditandai Kirab Api Obor PON XIX di Stadion GBLA yang dibawa secara estafet oleh 7 atlet berprestasi Indonesia yaitu Susi Susanti, Taufik Hidayat, Anton Suseno, Ade Rai, Tontowi Ahmad, Lilyana Natsir, dan Risa Susanty.

Api obor tersebut kemudian diserahkan kepada atlet cilik berprestasi, Juara Dunia Karate asal Jawa Barat Lala Diah Pitaloka yang berada di sisi panggung utama Stadion GBLA untuk selanjutnya disulutkan ke kalderon.

Mengakhiri prosesi pembukaan, lantunan lagu tema PON XIX berjudul Berjaya di Tanah Legenda gubahan komposer Dwiki Dharmawan yang dinyanyikan musisi Armand Maulana. (sak)