KA Singosari Ekspress Baru Diluncurkan
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

KA Singosari Ekspress Baru Diluncurkan

PT Kereta Api indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop 8) Surabaya akan meluncurkan Kereta Api (KA) Baru Singosari Ekspress Relasi Surabaya Gubeng-Malang Lewat Bangil PP.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan peluncuran KA baru tersebut untuk mengakomodir keinginan masyarakat akan moda transportasi umum yang aman, nyaman, tepat waktu serta bebas dari kemacetan di jalan raya.

“KA baru ini dengan nama ‘Singosari Ekspress’ akan berjalan dan operasi mulai 19 Agustus 2016. KA baru akan beroperasi hanya setiap weekend pada setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu,” kata Gatut kepada media di Surabaya, Selasa (16/8),

Pada setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu jumlah penumpang dari Surabaya ke Malang cukup padat. Para penumpang tersebut selain pegawai, pelajar, mahasiswa, pedagang, pembisnis dan para wisatawan yang akan berwisata ke Malang dan Batu.

Rangkaian KA Singosari Ekspress ini merupakan kereta yang tak terpakai dari KA Mutiara Selatan. Rangkaian KA Singosari terdiri dari 5 kereta kelas bisnis dengan jumlah tempat duduk sebanyak 320 tempat duduk. Harga tiket KA Singosari Ekspress ini cukup murah hanya sebesar Rp 40.000 setiap penumpang.

KA Singosari Ekspress dijadwalkan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 09.55 wib dan tiba di Stasiun Malang pada Pkl 12.01 wib. Kembali berangkat dari Stasiun Malang menuju Surabaya pada pukul 13.15 wib dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 15.14 wib.

Dalam perjalanannya, KA baru ini dengan relasi Surabaya Gubeng–Malang akan berhenti di Stasiun Wonokromo, Sidoarjo, Bangil, Lawang. Untuk relasi Malang–Surabaya Gubeng akan berhenti di Stasiun Lawang, Bangil, Sidoarjo dan Wonokromo.

Sementara KA yang melayani perjalanan Surabayqa-Malang adalah KA Penataran. KA Penataran adalah relasi Surabaya Gubeng-Blitar lewat Bangil dan Malang. Kemudian KA Bima Relasi Malang-Jakarta lewat Lawang, Surabaya Pasarturi dan Bojonegoro.

Masyarakat yang ingin memesan tiket KA Singosari Ekspress bisa memesan di loket Stasiun ataupun berbagai channel eksternal pemesanan tiket KA resmi. Kemudian bisa melalui Contact Center 121, aplikasi KAI Access, internet reservation dan seluruh channel eksternal penjualan tiket PT KAI. (sak)