KADIN Genjot UKM Indonesia-Malaysia
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

KADIN Genjot UKM Indonesia-Malaysia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia terus menggenjot sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) antara Malaysia dan Indonesia. Selain itu, KADIN juga terus mengupayakan peningkatan investasi Malaysia.

Ketua KADIN Indonesia Komite Malaysia, Tigor M Siahaan memaparkannya saat acara Reception 59th National Day of Malaysia yang berlangsung di Grand Ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Rabu (7/9). Acara dihadiri Duta Besar Malaysia HE Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim dan Permanent Representative of Malaysia to ASEAN HE Dato’ Shariffah Norhana Syed Mustaffa.

“Kerjasama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Malaysia ini sangat luas ruang lingkupnya dan masih banyak potensi yang perlu dieksplorasi lebih jauh untuk meningkatkan nilai manfaat bagi kedua belah pihak,” kata Tigor.

Sejalan dengan upaya tersebut, Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan P Roeslani menambahkan perlu adanya inisiasi dalam mengoptimalkan dan mengakselerasi misi dagang serta pertemuan kelompok bisnis di kedua negara, khususnya dalam lingkup UKM.

“Kami akan membantu memfasilitasi pertemuan bilateral kapanpun diperlukan, baik antar para pengusaha maupun dengan pemerintah di kedua negara, dengan topik strategis dan dalam rangka pengembangan kebijakan pengamanan perdagangan luar negeri,” tutur Rosan.

Tigor menambahkan bahwa salah satu program KADIN Indonesia Komite Malaysia adalah terus mengupayakan terciptanya kemitraan ekonomi dan bisnis antar negara dengan tujuan utama memanfaatkan peluang terbuka hubungan kerjasama tersebut pada tingkat regional maupun internasional.

Malaysia merupakan mitra dagang Indonesia terbesar ke-6. Sampai dengan 2015, jumlah modal yang ditanam Malaysia di Indonesia diperkirakan telah mencapai angka 3.077 juta USD.

Malaysia juga merupakan investor ASEAN terbesar kedua di Indonesia dengan mayoritas investasi pada sektor telekomunikasi, banking, plantation, hotel, restoran, pertambangan serta minyak, dan gas.

KADIN Indonesia telah mengambil berbagai peranan penting dalam membina hubungan Indonesia-Malaysia baik secara bilateral seperti melalui Senior Officer Meeting–SOM dan/atau Join Trade and Investment Committee–JTIC.

Maupun regional seperti ASEAN Summit dan sejenisnya, dengan penekanan kepada permasalahan yang mendasar dan menyiapkan langkah-langkah penanganannya yang terkoordinir, komprehensif dan terukur.

Rosan mengatakan, peran serta KADIN Indonesia tersebut diharapkan mampu meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama perdagangan serta investasi di antara kedua negara. (sak)